EFEKRIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS) TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MINAT BELAJAR SISWA KELAS VII SMP PIRI SLEMAN

febriana irwanti, Benedictus Kusmanto

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah  (1) Untuk mengetahui apakah model pembelajaran kooperatif tipe STAD  lebih efektif dari model pembelajaran konvensional dalam pembelajaran matematika. (2) Untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar berdasarkan minat belajar tinggi, sedang dan rendah. (3) Untuk mengetahui apakah terjadi interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar terhadap hasil belajar. Penelitian ini adalah kuasi-eksperimenta dengan populasisiswa kelas VII SMP PIRI Sleman.Teknik sampling yang digunakan adalah teknik cluster random sampling dan dua kelas secara acak sebagai sampel dari 3 kelas yang ada, dua kelas yaitu 56 siswa. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif dan Analisis  varians Dua Arah (F-Test). Hasil penelitian menunjukkan (1) Model pembelajaran STAD lebih efektif daripada model pembelajaran konvensional F_ hitung (obs.A)> F_ (Tabel) yang 17,85> 4,04. 2) Hasil belajar matematika siswa dengan minat belajar tinggi memiliki kesamaan dengan siswa yang memiliki sedang dan rendah F_ (obs.B)> F_ (Tabel) yaitu 2,09<3,19 (3) Tidak ada interaksi antara model pembelajaran dan minat belajar matematika terhadap hasil belajar siswa F_ (obs.AB)> F_ (Tabel) yang 2,73<3,19.


Keywords


STAD, hasil beljar matematika, minat belajar siswa

References


Arifin, Z. 2011. Penelitian Pendidikan (Metode dan Paradigma Baru) Jilid 1. Bandung : Remaja Roskardaya.

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan edisi ke-2. Jakarta: Bumi Aksara.

Budiyono. 2009. Statistik Untuk Penelitian. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Hamzah, A. dan Muhlisrarini. 2009. Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Mudyahardjo, R. 2001. Pengantar Pendidikan. Jakarta : PT Grafindo Persada.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Beorientasi Standar Proses Pendidikan.Jakarta : Kencana.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta. Rineka Cipta.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan : Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D Bandung : Alfabeta.

_______. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta.

Audra Pramitha Muslim “Pelaksanaan Pembelajaran Matematika dengan Menerapkan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD pada Siswa Kelas VII SMPN 31 Padang. Padang. STKIP PGRI. 2010.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/.v5i3.1280

Article Metrics

Abstract view : 369 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 314 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats