Penerapan Media YouTube untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa

Authors

  • Ari Septian Universitas Suryakancana, Indonesia
  • Erma Monariska Universitas Suryakancana, Indonesia
  • Eka Yunita Universitas Suryakancana, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v10i3.12817

Keywords:

understanding mathematical ability, youtube, mathematics

Abstract

This study aims to answer whether after applying YouTube media to mathematics learning can improve students' mathematical understanding skills in class X SMK PGRI 1 Tourism Cianjur. The research method used is a quasi-experimental method with the design form The Nonequivalent Pretest-Posttest Control Group Design. The population of this study were students of class X SMK PGRI 1 PariwisataCianjur. Involving a sample of 31 students from two classes selected through purposive sampling technique. Class X Banking as an experimental class and class X Catering as a control class. The instrument used is a test instrument in the form of a pretest and posttest to measure the ability of mathematical understanding and non-test in the form of an attitude scale questionnaire. Quantitative data analysis in this study uses SPSS 22. The results of the analysis show that increasing mathematical understanding skills by applying YouTube media is better than mathematical understanding skills using ordinary learning.

References

Ambarwati, D. & Kurniasih, M. D. (2021). Pengaruh Problem Based learning Berbantuan Media YouTube terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2857-2868.

Ardiansyah, M., & Nugraha, M. L. (2022). Analisis Pemanfaatan Media Pembelajaran YouTube dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Peserta Didik. Seminar Nasional Riset dan Inovasi Teknologi (SEMNAS RISTEK).

Aripin, J. (2017). SPSS Versi 24 untuk Penelitian Skripsi. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Jarmita, N. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD dalam Meningkatkan Pemahaman Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang. Jurnal Ilmiah DIDAKTIK,.13(1),150-172.

Monariska, E. (2017). Penerapan Metode Mind Mapping untuk meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Mahasiswa pada Mata Kuliah Kalkulus I. PRISMA, 6(1), 17-31.

Muchtar, I. S. M., Hendriani, A., Fitriani, A. D. (2020). Penerapan Pendekatan RME untuk Meningkatkan Pemahaman Kondep Matematis Siswa Kelas IV SD. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah dasar, 5(2), 108-119.

Nugroho, dkk. Pemahaman konsep matematika melalui media YouTube dengan pendekatan Etnimatematika. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 4(1), 96-106.

Pujiani. (2017). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa SMK dengan menggunakan Pendekatan Kontekstual. Skripsi STKIP Siliwangi Bandung.

Qohar, Abd. (2010). Mengembangkan Kemampuan Pemahaman, Koneksi dan Komunikasi Matematis serta Kemandirian Belajar Matematika Siswa SMP melalui Reciprocal Learning. Disertasi UPI pada PPs UPI: tidak dipublikasikan.

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439-450.

Septian, A & Ramadhanty, C. L. (2020). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMP melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigwsaw. Wacana Akademika: Majalah Ilmiah Kependidikan, 4(1), 56-63.

Septian, A., & Gustiana, M. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berbasis E-Learning. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 81-92.

Shalikhah, N. D. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire sebagai Media Pembelajaran Interaktif. CAKRAWALA, 11(1), 101-115.

Simanjutak, M. (2018). Meningkatkan Pemahaman Siswa tentang Teorema Pythagoras dengan Kotak Musik Spiral Theodorus. Jurnal EduMatSains, 3(2), 87-98. http://doi.org/10.31004/cendekia.v4il.117

Sukarni. (2012). Memanfaatkan YouTube sebagai Media Pembelajaran yang Interaktif, Menarik dan Menyenangkan

Trianto T. T., Hartono, & Akhlis I. (2019). Pemanfaatan YouTube untuk pembelajaran Fisika dalam meningkatkan pemahaman konsep dan keterampilan laboratorium siswa. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana UNNES.

Wiharso, T. A., & Susilawati, H. (2020). Meningkatkan Koneksi Matematik dan Self Efficacy Mahasiswa Melalui Model CORE. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 429-438.

Wijaya, dkk. (2018). Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa kelas XI pada Materi Bangun Ruang. UNION : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 19-28

Wijayanti, N., & Annajmi, A. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inquiry untuk Meningkatkan kemamapuan Pemahaman Konsep matematika Siswa SMP Negeri 1 Bonai Darussalam. Jurnal mahasiswa Prodi Matematika UPP, 3(1).

Yuliana. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Youtube Materi Persamaan Linear Satu Variable Dengan Kinemater Pro. Jurnal penelitian Sains dan Pendidikan, 2(1), 16-25.

Zamnah, L. N., & Ruswana, A. M. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Self-Directted Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 3(2), 52-56.

Published

2022-11-15

How to Cite

Septian, A., Monariska, E., & Yunita, E. (2022). Penerapan Media YouTube untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 10(3), 319–330. https://doi.org/10.30738/union.v10i3.12817

Issue

Section

Artikel

Citation Check