ANALISIS KESALAHAN DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS BERASARKAN ANALISIS NEWMAN

eri sudiono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase kesalahan dalam menyelesaikan soal   matematika materi persamaan garis lurus berdasarkan Analisis Newman yaitu (1) kesalahan membaca soal, (2) kesalahan memahami soal, (3) kesalahan transformasi, (4) kesalahan ketrampilan proses, (5) kesalahan penulisan jawaban akhir dan untuk mengetahui kesalahan apa yang paling banyak dilakukan siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Instrumen penelitian ini adalah tes. Teknik analisis data menggunakan Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan garis lurus berasarkan Analisis Newman pada siswa kelas VIII SMP N 1 Gedangsari yaitu kesalahan membaca soal sebesar 5%, kesalahan memahami soal sebesar 46,4%, kesalahan transformasi sebesar 63,6%, kesalahan ketrampilan proses sebesar 74,8%  kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 87,9% dan kesalahan paling banyak dilakukan siswa pada kesalahan penulisan jawaban akhir sebesar 87,9%.


Keywords


analisis kesalahan; analisis newman; matematika



DOI: http://dx.doi.org/10.30738/.v5i3.1282

Article Metrics

Abstract view : 497 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 721 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats