Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numebered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika

Risma Endah Nur Rohmah, Agustina Sri Purnami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran  konvensional terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, dan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan uji t. Dari deskripsi skor hasil belajar matematika diperoleh bahwa rata-rata kelas eksperimen 18,750 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 16,68 dan dari hasil uji t dapat diperoleh bahwa  yaitu . Hal itu berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran  konvensional terhadap hasil belajar matematika.

Keywords


Numbered Head Together, Hasil Belajar Matematika

References


Hamzah, Ali. (2014) . Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Noorliani, E. (2014). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP: EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 1 No. 1 Oktober 2013, hal 34-41. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pedekaatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/.v5i3.1294

Article Metrics

Abstract view : 261 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 254 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2017 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats