Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numebered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Risma Endah Nur Rohmah
  • Agustina Sri Purnami

DOI:

https://doi.org/10.30738/.v5i3.1294

Keywords:

Numbered Head Together, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran  konvensional terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik dokumentasi, dan teknik tes. Teknik analisis data menggunakan uji t. Dari deskripsi skor hasil belajar matematika diperoleh bahwa rata-rata kelas eksperimen 18,750 lebih tinggi dari pada kelas kontrol yaitu 16,68 dan dari hasil uji t dapat diperoleh bahwa  yaitu . Hal itu berarti bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Heads Together lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran  konvensional terhadap hasil belajar matematika.

References

Hamzah, Ali. (2014) . Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: CV Pustaka Setia

Noorliani, E. (2014). Pengaruh Model Reciprocal Teaching Terhadap hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP: EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, Vol 1 No. 1 Oktober 2013, hal 34-41. Banjarmasin: Universitas Lambung Mangkurat.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pedekaatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendektan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Published

2017-11-02

Issue

Section

Artikel