Pengembangan Bahan Ajar Digital Bahasa Inggris Matematika Dengan Bantuan Videoscribe Melalui E-Learning

Authors

  • Palupi Sri Wijayanti Universitas PGRI Yogyakarta-UPY

DOI:

https://doi.org/10.30738/.v6i2.1566

Keywords:

bahan ajar digital, videoscribe, e-learning

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar digital dengan bantuan videoscribe melalui e-learning pada mata kuliah bahasa inggris matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan dengan desain tujuh tahapan yaitu potensi masalah; pengumpulan data; desain produk; validasi produk; revisi produk; uji coba produk; analisis produk dan pelaporan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket validasi bahan ajar serta angket respon mahasiswa. Teknik analisis data menggunakan presentase kelayakan bahan ajar yang dilihat dari kevalidan dan angket respon penggunaan bahan ajar.

References

Arsyad, A. (2003). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Departemen Pendidikan Nasional. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Ibrahim, dkk. (2000). Media Pembelajaran. Jakarta: Depdiknas

Jon Air, dkk. (2014). Video Scribing How Whiteboart Animation Will Get You Heard. London: sparkol ltd.

Suarsana, I. M. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 2(2).

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tasri, L. (2011). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Web. Jurnal MEDTEK, Volume 3, Nomor 2, Oktober 2011.

Tri S. & Yudha A. A. (2016). “Pengembangan Media Videoscribe Berbasis E-Learning pada Mata Pelajaran Komunikasi Data dan Interface di SMK Sunan Drajat Lamonganâ€. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 05 (03): 1068 – 107

Widodo, S. A. (2017). Development of teaching materials algebraic equation to improve problem solving. In Infinity (Vol. 6, No. 1, pp. 61-70).

Widodo, S. A. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology-TOJET, 17(1), 154-160.

Widodo, S. A., & Ikhwanudin, T. (2018, January). Improving mathematical problem solving skills through visual media. In Journal of Physics: Conference Series (Vol. 948, No. 1, p. 012004). IOP Publishing.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Humaniora, 3(2).

Published

2018-06-25

Issue

Section

Artikel