Kemampuan mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam memahami konsep kalkulus diferensial dan kalkulus integral dengan menggunakan Maple

Authors

  • Lalu Saparwadi

DOI:

https://doi.org/10.30738/.v6i2.2630

Keywords:

Kata kunci, kalkulus, diferensial, integral, Maple.

Abstract

Penelitian ini dilatatbelakangi pada permasalahan rendahnya kemampuan mahasiswa dalam memahami konsep kalkulus diferensial dan kalkulus integral. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan mahasiswa program studi pendidikan matematika dalam memahami kalkulus diferensial dan kalkulus integral dengan menggunakan Maple. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Pre-experimental tipe One-shot Case Studi. Penelitian ini dilakukan pada sekelompok mahasiswa program studi pendidikan matematika yang sedang mengikuti kegiatan pemebelajaran matematika berbantuan computer. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes penyelesaian masalah. Temuan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil kerja mahasiswa dalam menyelesaikan masalah dengan bantuan Maple sesuai dengan target yaitu semua mahasiswa dapat menyelesaikan masalah dengan benar. Hasil ini meningkatkan pemahaman mahasiswa terhadap konsep kalkulus diferensial dan kalkulus integral.

 

References

Blyth, Bill. 2013. “Maximum Problems without Calculus : Design , Teaching and Assessment Using Maple.†The 9th Delta Conference on Teaching and Learning of Undergraduate Mathematics and Statistics, 24-29 November 2013, Kiama, Australia (November):24–29.

Haciomeroglu, E. S., Aspinwall, L., & Presmeg, N. 2009. “The Role of Reversibility in the Learning of the Calculus Derivative and Antiderivative Graphs.†P. 1637 in Proceedings of the 31st Annual Meeting of the North American Chapter of the International Group for the Psychology of Mathematics Education, vol. 5.

Mulyono and Tri Noor Asih. 2013. “Pembelajaran NHT Pada Metode Numerik Dengan Bantuan Aplikasi Maple.†Unnes Journal of Mathematics Education Research 2(1).

Parma dan Lalu Saparwadi. 2015. “Pengembangan Model Pembelajaran Kalkulus Berbantuan Komputer Melalui Program Maple Di Program Studi Pendidikan Matematika.†Jurnal Elemen 1(1):37–48.

Salleh, Tuan Salwani Awang and Effandi Zakaria. 2012. “Module for Learning Integral Calculus with Maple: Lecturers’ Views.†Turkish Online Journal of Educational Technology 11(3):234–45.

Saparwadi, Lalu. 2016. “Efektivitas Metode Pembelajaran Drill Dengan Pendekatan Peer Teaching Ditinjau Dari Minat Dan Prestasi Belajar Matematika Siswa.†Jurnal Didaktik Matematika, ISSN: 2355-4185 3(1):39–46.

Saparwadi, Lalu. 2015a. “Pengaruh Cooperative Learningtipe Make A Match Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Matematika Siswa.†Beta Jurnal Pendidikan Matematika 8(1):59–74.

Saparwadi, Lalu. 2015b. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Kalkulus Integral Melalui Kegiatan Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Matematika.†JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA Volume 9(1):35–48.

Saparwadi, Lalu and Cahyowatin. 2018. “Proses Pemecahan Masalah Matematka Siswa Berkemampuan Tinggi Berdasarkan Langkah Polya.†UNION: Jurnal Pendidikan Matematika 6(1):99–110.

Saparwadi, Lalu, Baiq Purnawati, and Baiq Puspa Erlian. 2017. “Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Penjumlahan Pada Bilangan Pecahan Dan Reversibilitas.†JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA 3:60–66.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suhandri. 2016. “Implementasi Program Aplikasi Maple Untuk Meningkatkan Prestasi Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Pada Perkuliahan Kalkulus Integral.†Suska Journal of Mathematics Education 2(1):57–66.

Published

2018-07-06

Issue

Section

Artikel