UPAYA MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN PROBING- PROMPTING PADA SISWA KELAS X KULIT A SMK NEGERI 5 YOGYAKARTA

Authors

  • Subyanto Dwi Santoso
  • Pardimin Pardimin
  • sri adi widodo

DOI:

https://doi.org/10.30738/.v2i1.27

Keywords:

Activities, Achievements, Probing-prompting

Abstract

the purpose of this study is to describe the process of implementing probing-prompting learning model in order to increase students activities and achievements in learning mathematic especially students in 10th grade of Kulit A SMKN 5 Yogyakarta. The subjects of this research were thirty students in 10th grade of Kulit A SMKN 5 Yogyakarta. The research applies the classroom action research that was implemented at least in two cycles. Based of the results in this study were concluded that implementing probing-prompting could increase student activities and achievement in learning mathematic especially students in 10th grade of Kulit A SMKN 5 Yogyakarta.

References

David A., dkk. 2009. Mehods for Teaching Metode-Metode Pnegajaran Meningkatakan Belajar Siswa TK-SMA Edisi ke-8. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Erman Suherman. 2008. Model Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Kompetensi Siswa. Educare: Jurnal Pendidikan dan Budaya, Vol.5 No.2 diunduh dari: http://educare.e-fkipunla.net. tanggal: 9 Oktober 2012.

Fithria Aisyah R. 2010. Model Pembelajaran Probing-Prompting Sebagai Upaya Untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika di Kelas VII C SMP N 5 Sleman. Abstrak Skripsi UNY. diunduh dari: http://eprints.uny.ac.id/1771/1/MODEL_PEMBELAJARAN_PROBING.pdf tanggal: 4 Oktober 2012.

Hamruni. 2012. Strategi dan Model-Model Pembelajaran Aktif-Menyenangkan. Yogyakarta: Investidaya.

Irma Pujiati. 2008. Peningkatan Motivasi dan Ketuntasan Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD. Khasanah Kependidikan: Jurnal Ilmiah Kependidikan, Vol. I, No. I. diunduh dari: http://isjd.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/11087091.pdf. tanggal: 16 Oktober 2011.

Mulyasa. 2011. Praktik Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: PT Remaja Rineka Cipta.

Nana Sudjana. 2001. Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Tarsito.

Oemar Hamalik. 2007. Dasar-Dasar Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Syaiful Sagala. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran Untuk Membantu Membantu Memecahkan Problematika Belajar Matematika. Bandung: Alfabeta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep Landasan, dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana.

Wina Sanjaya. 2008. Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Published

2014-03-11

Issue

Section

Artikel