Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Transportasi Program Linier Berbantuan Sparkol

Authors

  • Asro Nur Aini UIN Raden Intan Lampung, Indonesia
  • Bambang Sri Anggoro
  • Fredi Ganda Putra

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v6i3.2986

Keywords:

Media pembelajaran, Sparkol, Transportasi (Program Linear)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana mengembangkan media pembelajaran matematika pada materi Transportasi (Program Linier) berbantuan Sparkol. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan Research and Development (R&D) dengan model penelitian ADDIE, yaitu Analysis (Analisis), Design (Perancangan), Development (Pengembangan), Implementation (Implementasi) dan Evaluation (Evaluasi). Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah berupa angket atau kuisioner yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media yang bertujuan untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran dan angket respon mahasiswa untuk mengetahui ketertarikan mahasiswa terhadap media pembelajaran. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran pada materi Transportasi Program Linier berbantuan Sparkol dengan hasil penilaian kelayakan dari ahli materi rata-rata sebesar 3,46 dan ahli media rata-rata sebesar 3,35 dengan kriteria “sangat validâ€. Sedangkan hasil penilaian kemenarikan dari mahasiswa sebesar 3,29 dengan kriteria “sangat menarikâ€.

References

Aldoobie, N. (2105). ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research, Vol. 5, N.

Creswell, J. W. (2012). Research Design Qualitative,Quantitative,and Mixed Second Edition.

Hsu, T.-C., Lee-Hsieh, J., Turton, M. A., & Cheng, S.-F. (2014). Using the ADDIE Model to Develop Online Continuing Education Courses on Caring for Nurses in Taiwan. The Journal of Continuing Education in Nursing, 45(3). https://doi.org/10.3928/00220124-20140219-04

Jas, I., Rosha, M., & ZA, N. (2012). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Website Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 1–5.

Kesumayanti, N., & Putra, R. W. Y. (2017). Pengembangan Bahan Ajar Materi Persamaan Kuadrat Berbantuan Rumus Cepat. JES-MAT (Jurnal Edukasi Dan Sains Matematika), 3(2), 125–138.

Nurseto, T. (2011). Membuat Media Pembelajaran yang Menarik. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 8(1).

Rahmawati, F., Soegimin, W. W., & Kardi, S. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Model Inkuiri Terbimbing Berbantuan Videoscribe Pada Materi Kalor Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMAN 1 Kedungwaru. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 5(2), 1039–1047.

Riyanto, B., & Siroj, R. A. (2014). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Dan Prestasi Matematika Dengan Pendekatan Konstruktivisme Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.22342/jpm.5.2.581.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.

Sunarni, S. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Berbasis Sparkol Pada Pokok Bahasan Perumusan Dasar Negara Pada Mata Pelajaran PKN. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 10(3), 363–372.

Widodo, S. A. (2018). Selection of Learning Media Mathematics for Junior School Students. Turkish Online Journal of Educational Technology, 17(1), 154–160.

Widodo, S. A., Darhim, & Ikhwanudin, T. (2018). Improving mathematical problem solving skills through visual media Improving mathematical problem solving skills through visual media. Journal of Physics: Conf. Series, 948(1), 1–6.

Widyawati, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas IX SMP Di Kota Metro. Iqra’: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1), 47–68.

Wulandari, P., Mujib, M., & Putra, F. G. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Investigasi Kelompok berbantuan Perangkat Lunak Maple terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 101–106.

Yusup, M., Aini, Q., & Pertiwi, K. D. (2016). Media Audio Visual Menggunakan Videoscribe Sebagai Penyajian Informasi Pembelajaran Pada Kelas Sistem Operasi. Technomedia Journal, 1(1), 126–138.

Published

2018-11-01

How to Cite

Aini, A. N., Anggoro, B. S., & Putra, F. G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Transportasi Program Linier Berbantuan Sparkol. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(3), 289–296. https://doi.org/10.30738/union.v6i3.2986

Issue

Section

Artikel

Citation Check