Penerapan Creative Problem Solving Berbantuan Software Autograph Untuk Meningkatkan Kemampuan Koneksi Matematika Siswa

Authors

  • Hayatun Nufus Department of Mathematics Education, Universitas Malikussaleh
  • Iryana Muhammad Department of Mathematics Education, Universitas Malikussaleh

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v6i3.3033

Keywords:

Kemampuan Koneksi, Creative Problem Solving (CPS), Sofware Autograph

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan peningkatan kemampuan komunikasi dan disposisi matematis siswa pada pokok bahasan Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV) yang memperoleh pembelajaran dengan pembelajaran berbeda. Pembelajaran yang dimaksud dalam penelitian ini adalah pembelajaran Creative problem solving dan pembelajaran biasa. Penelitian dilakukan di SMP IT Almarkazul Islami dan MTsS Misbahul Ulum dengan teknik pengambilan sampel dilakukan secara purposive (purposive sampling). Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi tiga tahapan, yaitu: (1) tahap pengembangan perangkat pembelajaran dan instrument penelitian, (2) tahap uji coba perangkat pembelajaran dan instrument penelitian, (3) tahap pelaksanaan eksperimen. Hasil penelitian terlihat bahwa terdapat perbedaan peningkatan kemampuan koneksi matematika antara siswa yang diberi model pembelajaran CPS berbantuan autograph dibandingkan dengan siswa yang diberi model pembelajaran biasa. Dengan memperhatikan nilai rerata kedua kelompok tersebut disimpulkan bahwa peningkatan kemampuan koneksi matematika siswa yang diberi model pembelajaran CPS berbantuan autograph secara signifikan lebih baik dibandingkan dengan siswa yang diberi model pembelajaran biasa.

References

Ayu, A. R., Maulana, & Kurniadi, Y. (2016). Pengaruh Pendekatan Kontekstual Terhadap Kemampuan Koneksi Dan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar PAda MAteri Keliling dan Luas PErsegiPAnjang dan Segitiga. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 391–400.

Budiyono. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Surakarta: UNS Press.

Budiyono. (2004). Statistika Untuk Penelitian. Solo: UNS Press.

Choridah, D. T. (2013). Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Infinity Journal, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.1016/j.jclinane.2016.06.009

Gall, M., Damien, W. R. B., & Gall., J. P. (2003). Educational Research: An introduction. London: Longman Publ.

Hendriana, H., Muchlis, A., Komara, E. S., Kartiwi, W., Nurhayati, N., & Hidayat, W. (2018). Meningkatkan Koneksi Matematis Siswa Smp Melalui Pendekatan Open-Ended Dengan Setting Kooperatif Tipe NHT. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 81–92.

Hendriana, H., Rahmat, U., & Sumarmo, S. (2014). Mathematical Connection Ability And Self-Confidence (An experiment on Junior High School students through Contextual Teaching and learning with Mathematical Manipulative). International Journal of Education, 8(1), 1–11. https://doi.org/10.17509/IJE.V8I1.1726

Iqbal. (2013). Peningkatan Pemahaman Konsep dan Koneksi Matematik Menggunakan Pembelajaran Kontekstual Pada Siswa Madrasah Tsanawiyah. Universituas Negeri Medan.

Kelly, A. E., & Lesh, R. A. (2010). Handbook of Research Design in Mathematics and Science Education. New Jersey: Lawrence Erlbaum Ass. Inc.

Manurung, S. L. (2010). Peningkatan Kemampuan Pemahaman Matematis Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) Dengan Menggunakan Software Autograph. Universitas Negeri Medan.

NCTM. (2000). Principles and Standards For School Mathematics. Virginia: NCTM.

Ningrum, E. K., Purnami, A. S., & Widodo, S. A. (2017). Eksperimentasi Team Accelerated Instruction Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Kemampuan Awal Siswa. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika (JNPM), 1(2), 218–227.

Putra, H. D., Herman, T., & Sumarmo, U. (2017). Development of Student Worksheets to Improve the Ability of Mathematical Problem Posing. International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), 1. https://doi.org/10.12928/ijeme.v1i1.5507

Reiser, R. A., & Gagne, R. M. (1982). Characteristics of Media Selection Models. Review of Educational Research, 52(4), 499–512.

Sumarmo, U. (1991). ADVANCED MATHEMATICAL THINKING DAN HABITOF MIND MAHASISWA. Bandung.

Tatang, H. (2007). Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa Sekolah Menengah Pertama. Educationist, 1(1), 3. Retrieved from http://ejournal.sps.upi.edu/index.php/educationist/article/view/28/22

Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Umar, W. (2012). Membangun Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Infinity, 1(1), 1–9. Retrieved from http://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/2%5Cnhttp://e-journal. Jurnal Infinity, 1(1), 1–9.

Widodo, S. A. (2012). Proses Berpikir Mahasiswa Dalam Menyelesaikan MAsalah Matematika BErdasarkan Dimensi Healer. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika (pp. 978–979). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Widodo, S. A. (2013). Implementasi Team Teaching Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMA Kelas X Se-Kota Yogyakarta Pada Materi Trigonometri. Union: Jurnal Pendidikan MAtematika, 1(1), 43–50.

Widodo, S. A. (2013). Proses Berpikir Mahasiswa Dimensi Supervisor Dalam Menyelesaikan Masalah Divergensi. In Prosiding SNMPM Universitas Sebelas MAret (Vol. 1, pp. 293–300). Surakarta: UNS.

Widodo, S. A. (2014). Ekperimentasi Pembelajaran CPS Ditinjau Dari Kemampuan Awal Terhadap Prestasi Belajar Interpolasi. Jurnal Pendidikan Progresif, 4(1).

Widyawati, S. (2017). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Gaya Belajar Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas IX SMP Di Kota Metro. Iqra’: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan, 1(1), 47–68.

Published

2018-11-13

Issue

Section

Artikel