MENGANALISIS KEMAMPUAN MATHEMATICAL PROBLEM POSSING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA

Authors

  • Yani Komalasari
  • Nani Marlina
  • Siska Ratnapuri
  • Risma Amelia

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v6i3.3092

Keywords:

Mathematical Problem Possing

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan siswa dalam mengajukan masalah mathematical problem posing. Analisis mathematical problem posing ini diperoleh dari tes instrument kemampuan mathematical problem posing (MPP) siswa yang diberikan kepada siswa Sekolah Menengah Atas. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif-deskriptif. Subjek penelitian ini adalah 34 siswa kelas XII IPA 2 SMAN 1 Batujajar. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kesulitan siswa dalam mengerjakan tes kemampuan mathematical problem posing menurut indikator (1) menyusun pertanyaan berkenaan materi (2) menyatakan suatu masalah kedalam bentuk lain yang memiliki makna sama berkenaan dengan materi (3) mengajukan pertanyaan dari serangkaian informasi matematis semi terstuktur (4) merinci soal mengenai materi kedalam bagiannya. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa  kemampuan mathematical problem posing dengan indikator menyatakan suatu masalah kedalam bentuk lain yang memiliki makna sama tergolong kedalam kategori paling rendah karena siswa hanya fokus terhadap penyelesaian saja tidak mengajukan pertanyaan atau masalah.

References

Afrilianto, M. (2014) ‘Strategi Formulate Share Listen Create untuk mengembangkan kemampuan Mathematical Problem Posing siswa SMP’, jurnal ilmiah STKIP siliwangi Bandung, 8, pp. 21–28.

Bonotto, C. (2012) ‘Artifacts as sources for problem-posing activities Artifacts as sources for problem-posing activities’, educationals studies in mathematics, (March), pp. 1–20. doi: 10.1007/s10649-012-9441-7.

Cai, J. and Moyer, J. (2012) ‘Mathematical Problem Posing as a Measure of Curricular Effect on Students ’ Learning’, educationals studies in mathematics, (September), pp. 1–29.

Van Harpen, X. Y., & Sriraman, B. (2013) ‘Creativity and Mathematical Problem Posing’, (1986), pp. 1–26.

Henriques, A. (2013) ‘Problem posing based on investigation activities by university students 1’, educationals studies in mathematics, 83, pp. 145–156.

Kontorovich, I. (2016) ‘Considerations of aptness in mathematical problem posing : Students , teachers and expert working on Billiard task’, far East Journal of Mathematical Education, 16(September), pp. 243–269. doi: 10.17654/ME016030243.

Nugraha, T. S. and Mahmaudi, A. (2015) ‘keefektifan pembelajaran berbasis masalah dan problem posing ditinjau dari kemampuan berpikir logis dan kritis’, Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2, pp. 107–120.

Putra, H. D., Herman, T. and Sumarmo, U. (2017) ‘Development of Student Worksheets to Improve the Ability of Mathematical Problem Posing’, International Journal on Emerging Mathematics Education, 1(1), p. 1. doi: 10.12928/ijeme.v1i1.5507.

Rahman, A. (2013) ‘Pengajuan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif dan kategori informasi’, Jurnal ilmu pendidikan, JILID 19,.

Shriki, A. (2013) ‘A Model for Assessing the Development of Students ’ Creativity in the Context A Model for Assessing the Development of Students ’ Creativity in the Context of Problem Posing’, Creative Education, 4(March), pp. 430–439. doi: 10.4236/ce.2013.47062.

Silver, E. A. (2015) ‘Problem-posing research in mathematics education : Looking back , looking around , and looking ahead Problem-posing research in mathematics education : looking back , looking around , and looking ahead’, educationals studies in mathematics, 83(May 2013), pp. 157–162. doi: 10.1007/s10649-013-9477-3.

Sumarmo, U. (2015) ‘Mathematical problem posing:Rasional, pengertian, pembelajaran dan pengukurannya’, pp. 1–28.

Tanu, T. et al. (2018) ‘Analisis Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa Kelas IX Pada Materi Bangun Ruang’, UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), pp. 19–28.

Published

2018-11-09

How to Cite

Komalasari, Y., Marlina, N., Ratnapuri, S., & Amelia, R. (2018). MENGANALISIS KEMAMPUAN MATHEMATICAL PROBLEM POSSING PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SMA. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(3), 359–368. https://doi.org/10.30738/union.v6i3.3092

Issue

Section

Artikel

Citation Check