UPAYA MENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT SISWA KELAS X MC SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA

Authors

  • Irma Rahmawati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Benedictus Kusmanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/.v2i1.34

Keywords:

interest, achievment, Missouri Mathematic Project

Abstract

The purpose of this research is to increase interest and achievement in mathematics learning models Missouri Mathematic Project (MMP) in class X MC SMK Tamansiswa Jetis Yogyakarta. This research is Classroom Action Research (CAR) conducted in two cycle. The subjects of this research is students of class X MC SMK Negeri Tamansiswa Jetis Yogyakarta totaling 23 students. Data collection techniques in this research uses observation, questionnaires, tests and documentation. The results showed after the application of models Missouri Mathematic Project (MMP), interest and learning mathematics achievement of students has increased. Mathematics achievement of students and the percentage of completeness students (with KKM 75)also increased. Models Missouri Mathematic Project (MMP) to increase interest in mathematics learning and achievement of students, it is suggested that mathematics teachers can apply the learning model.

References

Arifin, M.Z. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pokok Fungsi pada Peserta Didik Kelas VII Mts Yasi Kronggen Brati Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi, tidak diterbitkan. Semarang: IAIN Walisongo Semarang

Arikunto, Suharsimi. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, Suharsimi.2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Arikunto, Suharsimi.2012. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (edisi revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2012. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Surabaya: Usaha Nasional.

Krismanto. 2003. Beberapa Teknik, Model dan Stategi dalam Pembelajaran Matematika. http://p4tkmatematika.org (diakses 3 januari 2013)

Miftakhul Jannah. 2013. Penerapan Model Missouri Mathematic Project (MMP) untuk Meningkatkan Pemahaman dan Sikap Positif Siswa pada Materi Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 1 No. 1) Hlm. 61-66

Nora Faradhila. 2013. Eksperimen Model Pembelajaran Missouri Mathematic Project (MMP) pada Materi Pokok Luas Permukaan serta Volume Prisma dan Limas ditinjau dari Kemampuan Spasial Siswa Kelas VIII Semester Genap SMP Negeri 2 Kartasura Tahun Ajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Matematika (Vol. 1 No. 1) Hlm. 67-74.

Purwanto, Ngalim. 1992. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Rauf, Sappe. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Bangun Ruang Melalui Missouri Mathematic Project (MMP) pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 PAREPARE: Skripsi, tidak diterbitkan. Parepare: Universitas Muhammadiyah Parepare (UMPAR).

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2012. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers

Wiyoto & Wagirin. 2000. Matematika SMK bidang Keahlian Teknologi dan Industri. Bandung: Angkasa.

Published

2014-03-11

How to Cite

Rahmawati, I., & Kusmanto, B. (2014). UPAYA MENINGKATAN MINAT DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN MISSOURI MATHEMATIC PROJECT SISWA KELAS X MC SMK TAMANSISWA JETIS YOGYAKARTA. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1). https://doi.org/10.30738/.v2i1.34

Issue

Section

Artikel

Citation Check