Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran Berdasarkan Kategori Watson

Sri Hariyani, Neni Ningsih, Trija Fayeldi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran berdasarkan kategori Watson serta penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran berdasarkan kategori Watson. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes tertulis dan wawancara. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII MTs Al-Ihsan Turen tahun ajaran 2017/2018. Hasil penelitian menunjukkan macam-macam kesalahan yang disebabkan: (i) dalam data tidak tepat, siswa belum memahami maksud serta penerapan konsep yang belum benar, (ii) dalam prosedur tidak tepat, siswa kurang teliti dalam melakukan operasi perkalian serta salah dalam prosedur pengerjaan, (iii) dalam data hilang, siswa mengabaikan salah satu tahap penyelesaian, (iv) dalam kesimpulan hilang, siswa belum mampu menyimpulkan hasil akhir, (v) dalam konflik level respon, siswa menuliskan jawaban dengan tidak menggunakan cara sesuai konsep yang benar, (vi) dalam masalah hirarki keterampilan, siswa belum mampu memanipulasi rumus dasar menjadi rumus yang diminta.

Keywords


Analisis Kesalahan, Soal Lingkaran, Kategori Watson

References


Abdurrahman, M. 2009.Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Ahmad, Nazili Shaleh. 2011. Pendidikan dan Masyarakat. Yogyakarta: Sabda Media Departemen Pendidikan Nasional.

Aryasha, Rifan. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Mengerjakan Soal Matematika Berdasarkan Kriteria Watson. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Basuki, Sulistyo. 2010. Metode Penelitian. Jakarta: Penaku

Daryanto. 2009. Panduan Proses Pembelajaran Kreatif dan Inovatif. Jakarta: AV Publisher.

Fitriani. 2012. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Bentuk Aljabar di Kelas VII SMP Negeri 16 Pontianak. Skripsi tidak diterbitkan. Pontianak: FKIP Untan.

Hariyani, Sri; Yuwono, Ipung; Sa’dijah, Cholis; & Rahardjo, Swasono. 2016. Accomplishing Mathematics Problems Using Outside The Box Thinking Phase. Proceeding of 3rd International Conference on Research, Implementation and Education of Mathematics and Science: 481-486.

Herdian, Haris. 2010. Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Salemba Humaika.

Jihad, Asep. 2010. Pengembangan Kurikulum Matematika. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Kartono, 2012. Persamaan Diferensial Biasa Model Matematika Fenomena Perubahan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Khanifah. 2013. Analisis Kesulitan Siswa SMKK Citra Medika Sukoharjo dalam Menyelesaikan Soal Bentuk Akar dan Alternatif Pemecahannya. Solo: Universitas Sebelas Maret. Prosiding: ISSN. 2502-6526.

Moleong, L. J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mukti, Agus. 2011. Kesalahan Konsep dalam Pembelajaran Sain, dalam http://blog.uin-malang.ac.id/pgmi/2011/10/25/kesalahan-konsep-dalam-pembelajaran-sains-di-madrasah-ibtidaiyah/ di akses 27 Pebruari 2018

Nanik, Mujayanti. 2011. Analisis Kesalahan Siswa Berdasarkan Kategori Kesalahan Menurut Watson Dalam Menyelesaikan Permasalahan Statistika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 2 Genteng. Jember: Universitas Jember.

Novak and Gowin. 2014. Learning how to learn. Cambridge: Cambridge University Press.

Partikipong N.dan supratik S. 2010. “Analysis of Mathematics Performence of Grade Five Students in Thailand Using Newman Procedure.” Jurnal of International Cooperation in Education 9(1): 111-112.

Sari, D. M., 2013. Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Termodinamika pada Siswa SMA. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF) 3(1), 5-8.(Online), (http://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/fisika/article/view/5543/3886 diakses 22 januari 2018)

Sudrajat, Ahmad. 2010. Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan Model Pembelajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sudjana, Nana. 2010. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supratiknya, A. 2012. Motivasi Dalam Pendidikan Teori, Penelitian Dan Aaplikasi. Jakarta: PT Index.

Susilawati. 2016. Analisis Kesalahan Siswa Kelas X MIA 3 SMA Negeri 1 Tanjungpinang Tahun Pelajaran 2015/2016 Dalam Menyelesaikan Permasalahan Peluang Dengan Menggunakan Kategori Kesalahan Watson. (Online), (https://media.neliti.com/media/publications/123082-ID-analisis-kesalahan-siswa-kelas-x-mia-3-s.pdf diakses 6 maret 2018)

Suwangsih, Erna & Turlina. 2010. Model Pembelajaran Matematika. Bandung: UPI Press.

Suyanto, Slamet. 2015. Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Syafmen, Wardi. 2015. Identifikasi Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika di SMA (Studi Kasus SMA N 11 Kota Jambi). Jurnal Nasional Vol.17, No.3 (2015). Jambi: Universitas Jambi.

Ulifa, S. N. 2014. Hasil analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Matreri pokok Relasi. (Online), (http://lppm.stippgri-sidoarjo.ac.id/files/Hasil-Analisis-Kesalahan-Siswa-Dalam-Menyelesaikan-Soal-Matematika—Pada-Materi—relasi.pdf, diakses 22 januari 2018)

Yin, Robert K. 2011. Desain dan Metode. Jakarta: Rajagrafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i2.3715

Article Metrics

Abstract view : 984 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 713 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats