Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Pola Bilangan di Kota Cimahi

Sopia Agustina, Siti Patimah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar matematika  siswa dan bentuk kesalahan dalam menyelesaikan soal materi pola bilangan. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Subjek dalam penelitian yaitu kelas VIII B di MTs Nurul Falah tahun pelajaran 2018/2019 sebanyak 32 siswa. Hasil belajar siswa dalam materi pola bilangan tergolong kategori baik dengan perolehan persentase rata-rata sebesar 72%. Namun masih terdapat kesalahan dalam menyelesaikan soal yaitu kesalahan dalam menuliskan operasi, kesalahan dalam melakukan perhitungan, ketidaktelitian dalam membaca soal, kesalahan dalam penggunaan rumus, dan tidak menuliskan langkah-langkah penyelesaian.


Keywords


Hasil belajar matematika; Kesalahan siswa; materi pola bilangan

References


Fitria, T. N. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berbahasa Inggris Pada Materi Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. MATHEdunesa, 2(1).

Lipianto, D., & Budiarto, M. T. (2013). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal yang Berhubungan dengan Persegi dan Persegipanjang Berdasarkan Taksonomi SOLO Plus pada Kelas VIII. Jurnal MatheUnnesa, 1(1).

Maleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nukuhaly, N. A., Assagaf, G., & Muhamad, J. (2018). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal- Soal Pola Bilangan Pada Siswa Kelas VIII, 103–111.

Pratiwi, L. D. (2012). Penilaian Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Penyelenggara Pendidikan Inklusif. JPK: Jurnal Pendidikan Khusus, 1(01), 01-08.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensi dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Satoto, S., Sutarto, H., & Pujiastuti, E. (2012). Analisis Kesalahan Hasil Belajar Siswa dalam Menyelesaikan Soal dengan Prosedur Newman. Unnes Journal of Mathematics Education, 1(2).

Thompson, D.R.,Senk,S.L.,& Johnson,G.J.(2012). Opportunities to Learn Reasoning and Proofin High School Mathematics Textbooks. Journal for Research in Mathematics Education,43(3), 253–295

Winarso, W & Supriady, D. (2016). Menilai prestasi Belajar melalui Penguatan Self Regulated Learning dan Kecerdasan Emosional Siswa pada Pembelajaran Matematika. Jurnal Didaktik Matematika. 3(2) : 54-66.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i2.3835

Article Metrics

Abstract view : 277 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 483 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats