Identifikasi Etnomatematika pada Motif Kain Tenun Sumba Barat Daya

Febriani Mita Bili, A. A. Sujadi, Tri Astuti Arigiyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi etnomatematika pada motif kain tenun Sumba Barat Daya. Etnomatematika adalah suatu ilmu yang digunakan untuk memahami bagaimana matematika diadaptasi dari sebuah budaya dan berfungsi untuk mengekspresikan hubungan antara budaya dan matematika. Kain tenun Sumba Barat Daya merupakan warisan budaya yang kaya akan corak warna dan motif yang merepresentasikan suku penghasil kain tenun tersebut. Penelitian ini termasuk jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan metode etnografi. Hasil penelitian menunjukkan bebarapa motif kain tenun Sumba Barat Daya mengandung konsep matematika seperi titik, garis, garis sejajar, persegi, belah ketupat dan segitiga yang dapat digunakan dalam pembelajaran matematika kontekstual di sekolah.

 


Keywords


Eno matematika, kain tenun, Sumba

References


D’Ambrosio, Ubiratan. 2001. Ethnomathematics: Link Between Traditions and Modernity. Sense Publisher. Rotterdam.

Deda, Y.N., & Disnawati,H. (2017). Hubungan Motif Kain Tenun Masyarakat Suku Dawan – Timor Dengan Matematika Sekolah. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Isnawati, Leni Zuni, dan Fredi Ganda Putra. 2017. “Analisis Unsur Matematika Pada Motif Sulam Usus,” NUMERICAL Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika (Vol.1 Nomor 2). Hlm. 173-192.

Lukito, Agung., dan Sisworo. 2014. Matematika SMP/MTs Kelas VII Semester 1. Jakarta : Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Marsigit, M., Setiana D.S., & Hardiarti, S. (2018, February). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Matang,R. (2002). The Role Of Ethnomathematics Education in Papua New Guinea: Implications for mathematics curriculum. Journal of Eductional Studies, 24(1), 27-37.

Ndima, P.P. 2007. Kajian Budaya Kain Tenun Ikat Sumba Timur. Nuansa Sukses. Salatiga.

Senita, P., & Neno, E.S. (2018). Kristalografi Bidang Datar Dalam Kain Tenun Masyarakat Manggarai. PROSIDING SENDIKA, 4(1).

Soelarto, B. 19979. Budaya Sumba. Proyek Pengembangan Media Kebudayaan DITJEN Kebudayaan Departemen P & K Republik Indonesia. Jakarta.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Sugiyono dan Dedi Gunarto. 2008. Matematika SD/MI Kelas V. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Spradley, P.J. 2007.Metode Etnografi. Tiara Wacana. Yogyakarta.

Zayyadi, Moh. 2018. “Eksplorasi Etnomatematika pada Batik Madura,” Jurnal Sigma (Volume 2 No.2). Hlm 35-40.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i1.3984

Article Metrics

Abstract view : 1222 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 1925 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats