Desain Bahan Ajar Persamaan Garis Lurus Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Berbasis Pendekatan Problem Solving

Sindy Oktaviani, Ena Suhen Praja, Sri Asnawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa terkait materi persamaan garis lurus dengan pendekatan problem solving. Upaya yang dilakukan adalah membuat bahan ajar sesuai dengan indikator yang akan dicapai. Subjek penelitian menggunaka kelas VIIIB SMP PGRI Palimanan yang terdiri dari 26 siswa. Instrumen yang digunakan untuk melakukan penelitian adalah lembar validasi dan tes bentuk uraian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat learning obstacles yang dialami siswa terkait kemampuan komunikasi matematis pada materi persamaan garis lurus, kemudian dari learning obstacles yang telah dianalisis dibuat bahan ajar. Berdasarkan hasil validasi bahan ajar diperoleh persentase sebesar 88,4% sehingga termasuk kedalam klasifikasi sangat valid. Setelah dinyatakan sudah layak digunakan, bahan ajar dapat diimplementasikan. Dari hasil implementasi diperoleh data yang menunjukkan bahwa learning obstacles yang dialami siswa berkurang, tetapi beberapa learning obstacles terdahulu masih ada dan muncul learning obstacles yang baru.

Keywords


Bahan Ajar; Kemampuan Komunikasi Matematis; Persamaan Garis Lurus; Problem Solving

References


Astuti, Sri. 2015. Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis problem solving model polya dalam peningkatan keterampilan berpikir kritis pokok bahasan barisan bilangan kelas IX SMP Negeri 3 Probolinggo. Pancaran, vol. 4 no. 4, hal 152.

Carson, J. 2007. A problem with problem solving: Teaching Thingking without Knowledge. The Mathematics Educator. Vol 17 No.2.

Creswell, j.w. 2015. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Yogyakarta: pustaka pelajar.

Gordah, Eka S & Astuti, Reni. 2013. Meningkatkan Kemampuan Matematis Mahasiswa Melalui Pengembangan Bahan Ajar Geometri Dasar Berbasis Model Reciprocal Teaching di STKIP PGRI Pontoanak. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY.

Hendriana,A, Rohaeti,E.E, & Sumarmo. 2017. Hard Skill dan Soft Skills Matematika Siswa. Bandung: Refika Aditama.

Indarti, S. M. 2014. Peran Kemampuan Komuniksi Dan Berpikir Kritis Matematis Serta Kemandirian Belajar Siswa SMA Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Program Pasca Sarjana STKIP Siliwangi Bandung. Vol. 1.

Martyanti, A. 2016. Kefektifan pendekatan problem solving dengan setting STAD dan TAI ditinjau dari prestasi dan self confidence. Jurnal riset pendidikan matematika. Vol. 3 no. 1.

Meliananingsih, N & Sugiman. 2015. Keefektifan Pendekatan Open-Ended Dan Problem Solving Pada Pembelajaran Bangun Ruang Sisi Datar. Vol. 2 no. 2.

Rangkuti, Drajat & Rangkuti, D.E.S. 2018. Pengembangan bahan ajar matematika berbasis kontekstual untuk meningkatkan kemampuan komunikasi matematis. Prosiding penelitian Nasional Hasil Penelitian 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i1.4182

Article Metrics

Abstract view : 313 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 143 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats