Keterampilan Algebraic Reasoning Mahasiswa Pada Mata Kuliah Program Linear

Aflich Yusnita Fitrianna, Chandra Novtiar

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis dan mendeskripsikan indikator kemampuan Algebraic Reasoning dalam menyelesaikan permasalahan Program Linear. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tujuan pemilihan pendekatan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil penelitian terkait kemampuan Algebraic Reasoning mahasiswa, dan dianalisis lebih lanjut mengenai kesalahan-kesalahan yang dilakukan dalam penyelesaian soal tersebut terkait indikator kemampuan Algebraic Reasoning.Hasil penelitian menunjukkan bahwa 61,25% mahasiswa belum bisa menggunakan simbol atau variabel untuk mendesain objek dalam hal ini adalah melakukan pemodelan. Sedangkan pada tahap internal, 52,5% mahasiswa sudah dapat melakukan penyelesaian dengan menggunakan operasi aritmatika dan hubungan kesetaraan. Sebesar 82,5% mahasiswa belum mampu melakukan tahapan berpikir aritmatik yaitu menghubungkan sesuatu yang tidak pasti dengan objek dasar aljabar seperti yang tidak diketahui, variabel maupun parameter.

Keywords


Analisis; Kemampuan Algebraic Reasoning; Program Linear

References


Andriani, P. (2015). Penalaran Aljabar dalam Pembelajaran Matematika. Beta, 8(1), 1–13.

Awaliyah, W., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Minat Belajar terhadap Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP pada Materi Lingkaran. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(2), 93–98.

Nurrahman, A. (2015). Ada Apa Dengan Berpikir Aljabar Dalam Belajar. In Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika UNY 2015 (pp. 105–108). Yogyakarta: UNY.

Paridjo. (2018). Kemampuan Berpikir Aljabar Mahasiswa dalam Materi Trigonometri Ditinjau dari Latar Belakang Sekolah Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. In Prisma, Prosiding Seminar Nasional Matematika (Vol. 1, pp. 814–829). Semarang: Unnes.

Puspitasari, I., Purwasih, R., & Nurjaman, A. (2017). Analisis Hambatan Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Program Linear. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(1), 39–46.

Santri, D. D., Hartono, Y., & Somakim. (2018). Pemodelan Matematika untuk Belajar Aljabar. Union: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 297–306.

Saputro, G. B., & Mampouw, H. L. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa SMP pada Materi Persamaan Linear Satu Variabel Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Numeracy, 5(April), 77–90.

Zulmaulida, R., & Saputra, E. (2014). Pengembangan Bahan Ajar Program Linear Berbantuan Lindo Software. Infinity, 3(2), 189–216.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i2.4475

Article Metrics

Abstract view : 239 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 152 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats