EKSPERIMENTASI STRATEGI PEMBELAJARAN INKUIRI TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA DITINJAU DARI MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 MLATI
DOI:
https://doi.org/10.30738/.v4i3.451Keywords:
learning strategy, study’s result, motivationAbstract
The aim of the research is to measure how far the math’s result and the learning motivation between the students who had inquiry learning strategy and who had conventional learning strategy. To find is there any different math’s result between the strategy and the motivation of the students. The research is done in SMP Negeri 2 Mlati Kabupaten Sleman for the 8th grade, on the academic year 2013/2014. The sample is chosen by using cluster random sampling. The data use technique is two-way analysis of variance 2x3 in different cell analysis. The research result shows that: (1) the math’s result study with inquiry in medium criteria’s score average is 14.29 (2) the result’s study of conventional learning strategy in medium criteria’s score average is 12.59 (3) motivation of study in inquiry learning strategy in medium criteria’s score average is 53.81 (4) motivation of study in conventional learning strategy in medium criteria’s score average is 48.88 (5) there is any different result of studying math based on learning strategy ( 4.08) (6) There is no different result study based on student’s motivation ( 0.268 3.23)  (7) there is no interaction between math learning strategy with student’s motivation ( 0.408 3.23)
References
Anni, Catharina Tri. 2004. Psikologi Belajar. Semarang: UPT UNNES Press.
Arikunto, Suharsimi. 2009. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta : Bumi Aksara
Astuti, Sri Ani. 2009. Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Dengan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Materi Jajargenjang, Belah Ketupat, Layang – layang, Dan Trapesium Ditinjau Dari AktivitasBelajarSiswa.http://eprints.uns.ac.id/10021/1/110651602201010151.pdf. Diakses 3 Maret 2014 jam 17.55 WIB
Badriyah, Saniatul. 2011. Perbedaan Pembelajaran Metode Inkuiri Dan Problem Solving Dengan Bantuan Lks Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas VIII Semester II SMP Yasiha Gubug Kabupaten Grobogan Tahun Ajaran2010/2011.http://library.ikippgrismg.ac.id/docfiles/fulltext/224d677486882bf1.pdf Diakses 4 maret 2014 jam 18.00 WIB
Belianti, Rengga. 2011. Efektivitas Penggunaan Strategi Pembelajaran Inkuiri Terhadap Hasil Belajar Matematika siswa SMA Negeri 2. Skripsi. Yogyakarta : Perpustakaan Kota
Budiyono. 2004. Statistika Untuk Penelitian.Surakarta: Sebelas Maret University Press
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Feriyati, Supriyani. 2008. Studi Komparasi Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw dan Group Investigation (GI) Ditinjau dari Motivasi Belajar terhadap Hasil belajar siswa (IPA). http://biologi.fkip.uns.ac.id/wp-content/uploads/2011/07/08.023.STUDI-KOMPARASI-PEMBELAJARAN-KOOPERATIF-METODE.pdf. Diakses 26 Februari 2014 jam 08.30 WIB.
Gulo, W. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo
Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung, Pustaka Setia.
Hartono. 2012. Statistik Untuk Penelitian. Yogyakarta : Pustaka Belajar
Kurniawan, Andree Tiono. 2011. Hubungan motivasi, disiplin dan variasi mengajar guru dengan prestasi belajar mata pelajaran sains pada siswa kelas v Madrasah Ibtidaiyah negeri 2. Tesis. Yogyakarta: Perpustakaan kota
Maesaroh, Itroh. 2011. Hubungan Kemampuan Mencongak Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas III SD N Cipurwasari I Tegalwaru Karawang Jakarta. Skripsi.http://auroralubna.files.wordpress.com/2012/02/itroh-maesaroh.pdf. Diakses 3 Maret 2014 jam 17.55 WIB
Moh. Nazir. 2005. Metode Penelitian : Ghalia Indonesia
Putra, Shiatava Rizema. 2013. Desain Belajar Mengajar Kreatif Berbasis Sains. Yogyakarta : Diva Press
Purwanto. 2011. Statistika Untuk Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Sadia, I W. 2004. Efektivitas Model Konflik Kognitif Dan Model Siklus Belajar Untuk Memperbaiki Miskonsepsi Siswa Dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran. 37(3). 40-85.
Sanjaya, Wina. 2010. Kurikulum Dan Pembelajaran. Jakarta: Kencana
Sardiman, A.m. 1996. Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : Raja Grafindo Persada
Sri Wahyuni, RR. 2013. Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Pengasih Kulonprogo tahun pelajaran 2013/2014. Skripsi, tidak diterbitkan. Yogyakarta: FKIP UST
Sudjana, Nana. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar
_______. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Manajemen. Bandung : Alfabeta
_______. 2010. Metode Pembelajaran Pendidikan. Bandung : Alfabeta
_______. 2010. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta
_______. 1987. Standarisasi Tes Hasil Belajar Matematika SMA. Yogyakarta : FMIPA IKIP
Sujari. 2013. Pengaruh Penggunaan LKS Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP N 2 Girisudo Gunungkidul. Skripsi. Tidak diterbitkan. Yogyakarta : FKIP UST
Sukestiyarno. 2010. Olah data Penelitian Berbantuan SPSS. Semarang : Unnes Press
Sutomo, Aloysius. 2008. Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Pada Pokok Bahasan Fungsi Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri Kota Surakarta. Thesis. http//eprints.uns.ac.id. Diakses 15 Agustus jam 9.30 WIB
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Pusat Bahasa
Uyanto,S. 2006. Pedoman Analisis data dengan Spss. Yogyakarta : Graha Ilmu
W. Gulo. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : Grasindo
Zuldafrial. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Surakarta : Cakrawala Media.