Eksperimentasi Model Pembelajaran Teams Games Tournaments dan Make a Match Terhadap Hasil Belajar Matematika

Authors

  • Ajeng Puspitaningati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Istiqomah Istiqomah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Denik Agustito Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v7i3.4788

Keywords:

Make a Match, Teams Game Tournaments, hasil belajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui model pembelajaran yang lebih baik antara model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) dengan Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah eksperimen yang sebenarnya. Pengumpulan data dilakukan dengan metode dokumentasi dan tes. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMK Muhammadiyah 1 Bantul tahun ajaran 2018/2019. Sampel dari penelitian merupakan siswa kelas X TBSM 1 dan X TBSM 2. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa yang diberi perlakuan menggunakan model pembelajaran Teams Games Tournaments memiliki rata-rata sebesar 60,03 dan yang menggunakan model pembelajaran Make a Match memiliki rata-rata sebesar 68,03. Hasil statistik uji-t diperoleh Sig. 0,052 dan Sig. 0,053 di mana taraf signifikan yang digunakan adalah =0,05 artinya nilai signifikansi lebih dari 0,05. Jadi, Sig  maka H0 diterima, artinya model pembelajaran Teams Games Tournaments (TGT) tidak lebih baik dari pada model pembelajaran Make a Match terhadap hasil belajar matematika siswa.

References

Amir, Z dan Risnawati. 2015. Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineke Cipta.

Arikunto, S. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Huda, M. 2014. Model–Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kusuma, A. P dan Ayunitis K. 2018. “Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match dan Teams Games Tournament terhadap hasil belajarâ€. Numerical: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika. Vol 2. No 1. Hlm 1-14.

Pitaloka, Y. D dkk. 2012. “Keefektifan Model Pembelajaran Matematika Realistik Indonesia Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematikaâ€. Unnes Journal of Mathematics Education. Vol 1. No 2.

Rahmayanti, I. D. S., dan Koeswanti, H. D. 2017. “Penerapan Model Make a Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Siswa Kelas IV SD Negeri Diwakâ€. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol 5. No 3. Hlm 209-218.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru Edisi Kedua. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Safitri, R. D dkk. 2016. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Game Tournament (TGT) dan Make a Match (MM) dengan Pendekatan Saintifik Pada Materi Himpunan Ditinjau Dari Kemampuan Penalaran Siswa Kelas VII SMP Negeri di Kabupaten Sragen Tahun Pelajaran 2014/2015†Jurnal Elektronik Pembelajran Matematika. Vol 4. No 3. Hlm 376-389.

Sari, A. P dan Lisnawaty S. 2012. “Perbedaan Hasil Belajar Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe MM dan TGT dengan bantuan Powerpointâ€. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia. Hlm 1-9.

Sriyani dan Widodo W. 2018. “Perilaku Belajar Efektif Terhadap Kemampuan Kognitif Psikomotorik Siswa Dalam Pembelajaran Matematikaâ€. IndoMath: Indonesia Mathematics Education. Vol 1. No 2. Hlm 77-92.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, cv.

Supratiwi, N 2015. Studi Komparasi Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Make a Match dan Model Pembelajaran Teams Game Tournament (TGT) Pada Materi Pokok Lingkaran Kelas VIII SMP Negeri 01 Toroh Tahun Pelajaran 2014/2015: Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Taniredja, T dkk. 2015. Model-Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. Bandung: Alfabeta, cv.

Wahidmurni, dkk. 2010. Evaluasi Pembelajaran: Kompetensi dan Praktik. Yogyakarta: Nuha Lentera.

Published

2019-12-05

Issue

Section

Artikel