Pengaruh Pendekatan RME dengan Model Pembelajaran CPS terhadap HOTS Siswa Kelas VII SMP

Authors

  • Maulida Agustin Sasmi Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Iis Holisin Universitas Muhammadiyah Surabaya
  • Himmatul Mursyidah Universitas Muhammadiyah Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i1.4790

Keywords:

CPS, higher order thinking skills, RME

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh positif dan signifikan pendekatan RME dengan model CPS terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 9 Surabaya pada pembelajaran matematika. Desain penelitian adalah pretest-posttest control group design. Penelitian dilakukan di SMP Muhammadiyah 9 Surabaya, dengan sampel penelitian adalah kelas VII A dan VII B. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random, yaitu kelas VII A terdiri dari 30 siswa sebagai kelas kontrol, dan kelas VII B juga terdiri dari 30 siswa sebagai kelas eksperimen. Hasil penelitian ini diuji dengan menggunakan uji perbedaan atau uji-t. Hasil analisis uji-t diperoleh . Oleh karena itu, dapat disimpulkan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan RME dan model CPS berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa atau HOTS.

References

Anita, Anggo, M., & Arapu, L. (2015). Pengaruh Pembelajaran Creative Problem Solving Terhadap Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 9 Kendari dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 3(2), 27–40.

Azwar, S. (2005). Signifikan atau Sangat Signifikan? Buletin Psikologi, 13(1), 38–44.

Budiman, A., & Jailani. (2014). Pengembangan Instrumen Asesmen Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada Mata Pelajaran Matematika SMP Kelas VIII Semester 1. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 139–151.

Hidayati, A. U. (2017). Melatih Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 4(2), 143–156.

Jayanti, R. D., Romlah, & Saregar, A. (2016). Efektivitas Pembelajaran Fisika Model Problem Based Learning (PBL) Melalui Metode POE terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (pp. 208–214). Bandarlampung: Program Studi Pendidikan Fisika.

Prasongko, D. (2018). Hasil UN SMP 2018: Nilai Turun, Daerah Salahkan Mendikbud. Retrieved November 20, 2018, from https://nasional.tempo.co/amp/1092370/hasil-un-smp-2018-nilai-turun-daerah-salahkan-mendikbud

Rochman, S., & Hartoyo, Z. (2018). Analisis High Order Thinking Skills (HOTS) Taksonomi Menganalisis Permasalahan Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 1(2), 78–88.

Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syamsu, S. A., Yunus, M., & Mastri, M. (2016). Penerapan Model Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Bulukumba (Studi pada Materi Pokok Laju Reaksi). Jurnal Chemica, 17(2), 63–74.

Utami, F., Ainy, C., & Mursyidah, H. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap Hasil Belajar Siswa pada Materi Luas Permukaan Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 5(1), 1–13. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12332

Wijayanti, S. (2016). Penggunaan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) sebagai Upaya Peningkatan Kreativitas dalam Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X.7 SMA Negeri 1 Pulokulon. Magistra, 28(95), 82–88.

Published

2020-03-20

Issue

Section

Artikel