Hubungan Antara Motivasi, Keaktifan, Gaya Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Se-Kecamatan Banguntapan

Authors

  • Fatih Alwan Marzuqoh Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • A.A. Sujadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Tri Astuti Arigiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i1.5022

Keywords:

motivasi, keaktifan, gaya belajar, prestasi belajar matematika

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui hubungan antara motivasi, keaktifan dan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika siswa kelas X SMA se-Kecamatan Banguntapan. Penelitian ini termasuk jenis korelasional dan expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Instrument penelitian menggunakan angket, lembar observasi dan dokumentasi. Hipotesis diuji dengan analisis regresi dan korelasional. Hasil penelitian menunjukkan (1) terdapat hubungan positif dan signifikan antara motivasi, keaktifan dan gaya belajar dengan prestasi belajar matematika dengan persamaan regresi  = 21,222 + 0,156X1 + 0,430X2 + 0,210X3 nilai koefisien determinasi  0,471 (2) nilai korelasi parsial motivasi dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,211; (3) nilai korelasi parsial keaktifan dengan prestasi belajar matematika sebesar 0,436; (4) nilai korelasi parsial gaya belajar dengan prestasi belajar sebesar 0,312.

References

Djamarah, S. B. (2008). Psikologi pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Handayani, P., & Sujadi, A. A. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Siswa Kelas Viii D Smp N 1 Pleret. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(2).

Khasanah, N., & Kusmanto, B. (2016). Hubungan Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa Terhadap Pelajaran Matematika dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 1 Jetis. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(3).

Kuncoro, K. S., Suyitno, A., & Sugiharti, E. (2014). Keefektifan Pembelajaran TPS Berbantuan Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 205–211.

Lestari, Z., & Kusmanto, B. (2016). Hubungan Antara Persepsi Siswa Terhadap Kemampuan Mengajar Guru, Keaktifan Belajar dan Motivasi Belajar dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 2 Salam. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Rahmayanti, K. R., Hasanuddin, H., & Nelson, Z. (2018). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Aktif Modeling The Way terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa SMK Taruna Pekanbaru. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(1), 65–70.

Ramlah, R., Firmansyah, D., & Zubair, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Siswa Terhadap Prestasi Belajar Matematika (Survey Pada SMP Negeri di Kecamatan Klari Kabupaten Karawang). Majalah Ilmiah SOLUSI, 1(03).

Rizqiyah, F., Risfaldi, S., Usman, M., & Pramuditya, S. A. (2019). Kemampuan Pemahaman Matematis Berbantuan Game Edukasi RPG. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SNPM), 1(1), 322–330.

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1.

Wibowo, N. (2016). Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 1(2), 128–139.

Published

2020-03-20

Issue

Section

Artikel