Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Authors

  • Kanisiana Abuk Seran Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • A.A. Sujadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Irham Taufiq Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i1.5069

Keywords:

Group Investigation, Hasil Belajar Matematika

Abstract

Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu dengan disain Post-test Control. Subjek penelitian adalah kelas VIII, VIIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIIC sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu soal objektif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh signifikan model pembelajaran GI terhadap hasil belajar matematika. Rata-rata nilai kelas eksperimen 70 dan kelas kontrol 66. Hasil analisis dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan 5,18>0,05 dan diperoleh thitung<ttabel(0,653<2,020) sehingga H0 diterima. Artinya ada pengaruh signifikan model pembelajaran GI terhadap hasil belajar matematika siswa.

References

Abdurrahman, M. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2009. Statistika Untuk Penelitian, Solo: UNS Press.Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Budiyono. 2009. Metodelogi Penlitian Pendidikan. Solo : UNS Pres.

Budiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Damayanti, D. 2013. Panduan Lengkap Menyusun Proposal Skripsi Tesis Disertasi Untuk Semua Program Studi. Yogyakarta: Araksa.

Dimyati, & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Huda, M. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Huda, M .2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Imelda, L. 2017. Pengaruh Metode Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang: Skripsi.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning Menggunakan Kemampuang Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Ki Hadjar, D. 2011. Pendidikan Dan Kebudayaan. Yogykarta: Majelis Luhur Taman Siswa.

Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta : PT. Remaja Rosdakarya. Pustaka Sekolah. 2011

Saifudin, A. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.Salvin R, E. 2005. Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media.

Soleh, M. 1998. Pokok-pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Depdikbud.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Yogakarta: Pustaka Belajar.

Published

2020-03-20

Issue

Section

Artikel