Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP

Kanisiana Abuk Seran, A.A. Sujadi, Irham Taufiq

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran GI terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian yaitu eksperimen semu dengan disain Post-test Control. Subjek penelitian adalah kelas VIII, VIIIB sebagai kelas eksperimen dan VIIIC sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yaitu soal objektif dan dokumentasi. Analisis data menggunakan uji independent samples t-test. Hasil penelitian menunjukkan tidak ada pengaruh signifikan model pembelajaran GI terhadap hasil belajar matematika. Rata-rata nilai kelas eksperimen 70 dan kelas kontrol 66. Hasil analisis dengan tingkat kepercayaan 95% menunjukkan 5,18>0,05 dan diperoleh thitung<ttabel(0,653<2,020) sehingga H0 diterima. Artinya ada pengaruh signifikan model pembelajaran GI terhadap hasil belajar matematika siswa.

Keywords


Group Investigation; Hasil Belajar Matematika

References


Abdurrahman, M. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S. 2009. Statistika Untuk Penelitian, Solo: UNS Press.Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, S. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Budiyono. 2009. Metodelogi Penlitian Pendidikan. Solo : UNS Pres.

Budiyono. 2013. Statistika Untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press.

Damayanti, D. 2013. Panduan Lengkap Menyusun Proposal Skripsi Tesis Disertasi Untuk Semua Program Studi. Yogyakarta: Araksa.

Dimyati, & Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Huda, M. 2011. Cooperative Learning. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Huda, M .2013. Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran.Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Imelda, L. 2017. Pengaruh Metode Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Matematika Kelas X SMA Aisyiyah 1 Palembang: Skripsi.

Isjoni. 2009. Cooperative Learning Menggunakan Kemampuang Belajar Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Ki Hadjar, D. 2011. Pendidikan Dan Kebudayaan. Yogykarta: Majelis Luhur Taman Siswa.

Majid, A. 2013. Strategi Pembelajaran. Jakarta : PT. Remaja Rosdakarya. Pustaka Sekolah. 2011

Saifudin, A. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar.Salvin R, E. 2005. Cooperatif Learning. Bandung: Nusa Media.

Soleh, M. 1998. Pokok-pokok Pengajaran Matematika Sekolah. Depdikbud.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan RND. Bandung: Alfabeta.Suprijono, A. 2009. Cooperative Learning. Yogakarta: Pustaka Belajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v8i1.5069

Article Metrics

Abstract view : 122 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 135 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats