Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Smartphone dengan Menerapkan Tri-N Pada Materi Aturan Sinus dan Cosinus

Authors

  • Grandis Nur Ardianti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Esti Harini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta
  • Annis Deshinta Ayuningtyas Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i1.5217

Keywords:

Media Pembelajaran, Smartphone, Tri-N, Aturan Sinus dan Cosinus

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis smartphone dengan menerapkan Tri-N, (2) mengetahui kualitas media pembelajaran berbasis smartphone dengan menerapkan Tri-N ditinjau dari aspek validitas dan aspek kepraktisan, dan (3) mengetahui keefektifan media pembelajaran berbasis smartphone dengan menerapkan Tri-N. Penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan model 4-D (Four D Models) yang meliputi tahap pendefinisian, perancangan, pengembangan, dan diseminasi. Hasil akhir dalam penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis smartphone dengan menerapkan Tri-N dan dapat diunduh pada alamat link http://pwastore.com/w/media-pembelajaran-1fa13542b6c5. Media pembelajaran yang dibuat dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Media ini dikatakan valid terbukti dari hasil validasi materi, media, dan 3N berturut-turut diperoleh rata-rata skor  (Sangat Baik),  (Sangat Baik), dan  (Baik). Kepraktisan terbukti dari hasil angket respon siswa diperoleh rata-rata skor  (Baik). Keefektifan terbukti dari nilai  dan diperoleh persentase ketuntasan sebesar 78% (Baik).

References

Aisyah, S. (2016). Perbandingan Keefektifan Penerapan Metode Pemberian Tugas Pengajuan Masalah Setting Kooperatif Tipe STAD dan Setting Kooperatif Tipe NHT dalam Pembelajaran Trigonometri Siswa Kelas X MA DDI Alliritengae Maros. Pascasarjana.

Anggraini, N. E. (2011). Peningkatan Keaktifan dan Pemahaman Konsep Lingkaran Melalui Strategi Student Team Heroic Leadership pada Siswa Kelas VIII Semester II MTs Negeri Pacitan Tahun Ajaran 2010/2011. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Anwar, C. (2014). Hakikat Manusia dalam Pendidikan: Sebuah Tinjauan Filosofis. SUKA-Press.

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. In Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta: Bumi Aksara.

BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. In Republik Indonesia. Jakarta.

Cockcroft, W. H. (1982). Mathematics Counts. HM Stationery Office London.

Eyler, J., & Giles Jr, D. E. (1999). Where’s the Learning in Service-Learning? Jossey-Bass Higher and Adult Education Series. ERIC.

Istiqomah, I., Kuncoro, K. S., Oktaviani, D. N., & Sujadi, A. A. (2018). Developing Number Theory Textbook to Improve Understanding of the Prospective Teachers’ Concept. Proceedings of the 1st International Conference on Science and Technology for an Internet of Things. European Alliance for Innovation (EAI).

Luhsasi, D. I., & Sadjiarto, A. (2017). Youtube: Trobosan Media Pembelajaran Ekonomi Bagi Mahasiswa. Prosiding Seminar Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis, 3(1).

Retnawati, H. (2016). Analisis Kuantitatif Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Parama Publishing.

Riyanto, B., & Widayati, S. (2006). Perancangan Aplikasi M-Learning Berbasis Java. Bandung: STEI-ITB.

Ruseffendi, E. T. (2006). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sugiyono, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D Cetakan 17. Bandung: CV Alfabeta.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook.

To, K. (1996). Mengenal Analisis Tes (Pengantar ke Program Komputer Anates). Bandung: IKIP Bandung.

Widoyoko, E. P. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 238.

Widyawati, A., Setyawan, D. N., & Kuncoro, K. S. (2019). Desain e-book petunjuk praktikum IPA berbasis tri N (niteni, nirokke, nambahi). COMPTON: Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika, 6(2), 46–56.

Published

2020-03-20

Issue

Section

Artikel