Identifikasi Etnomatematika pada Motif Kain Tenun Sumba Barat

Authors

  • Fixaris Ledi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Benediktus Kusmanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Denik Agustito Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i1.5338

Keywords:

Etnomatematika, Motif Kain Tenun, Sumba Barat

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengidentifikasikan etnomatematika yang ada pada motif kain tenun Sumba Barat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data dalam penelitian ini adalah aktivitas etnomatematika pada kain tenun Sumba Barat yang diperoleh dari data pustaka dan data lisan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan wawancara jarak jauh dan dokumentasi serta vidio. Teknik analisis data dilakukan terhadap data kualitatif (motif-motif yang ditemukan pada kain tenun Sumba Barat). Hasil penelitian di analisis dengan mengidentifikasi konsep matematika yang terkandung dalam motif kain tenun Sumba Barat dan kemudian dideskripsikan sesuai dengan sifat-sifatnya. Hasil penelitian menunjukan bahwa Beberapa motif pada kain tenun Sumba Barat memunculkan konsep matematika yang teridentifikasi sebagai konsep geometri bidang datar seperti garis lurus, garis sejajar, simetri lipat, belah ketupat dan segitiga. Konsep-konsep geometri tersebut dapat ditemukan dalam motif mata kerbau, bintang, mamoli, serta pada desain garis dasar pada kain tenun. Hasil penelitian ini diharapkan dapat diterapkan dalam proses pembelajaran berbasis etnomatematika pada budaya Kabupaten Sumba Barat.

References

Bili, F. M., Sujadi, A. A., & Arigiyati, T. A. 2019. Identifikasi Etnomatematika Pada Motif Kain Tenun Sumba Barat Daya. UNION, Volume 7 Nomor 1, halaman 115–124.

Deda, Y.N., & Disnawati, H. 2017. Hubungan Motif Kain Tenun Masyarakat Suku Dawan – Timor Dengan Matematika Sekolah. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fitroh, W. & Hikmawati, N. 2015. Pasca Serjana Pendidikan Matematika Universitas Jambi,†J. Ilmu Pendidik., Volume 1 Nomor 1, halaman 333–344.

Isnawati., Zuni, L., & Putra, F. G. 2017. Analisis Unsur Matematika Pada Motif Sulam Usus. NUMERICAL, Volume 1 Nomor 2, halaman 173-192.

Marsigit., Condromukti, R., Setiana, D. S. & Hardiarti, S. 2015. Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Pros. Semin. Nas. Etnomatnesia, halaman 20–38.

Samadara, S. 2018. Pemberdayaan Perempuan Pengrajin Tenun Di Kampung Prai Ijing, Desa Tebar, Kecamatan Kota, Kabupaten Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga Dan Mendukung Pembangunan Pariwisata Daerah. Jaka-Jurnal Jurusan Akuntasi, Volume 3 Nomor 1 halaman 44-53.

Senita, P., & Neno, E.S. (2018). Kristalografi Bidang Datar Dalam Kain Tenun Masyarakat Manggarai. PROSIDING SENDIKA, Volume 4 Nomor 1.

Setiohardjo, N. M., & Harjoko, A. 2014. Analisis Tekstur untuk Klasifikasi Motif Kain (Studi Kasus Kain Tenun Nusa Tenggara Timur). IJCCS (Indonesian Journal of Computing and Cybernetics Systems), Volume 8 Nomor 2, halaman 177-188.

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Penerbit Alfabeta. Bandung.

Wijaya, H. 2018. Analisis Data Kualitatif Model Spradley. Res. Gate, halaman 1–9.

Wijayanto, Z. 2018. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Keraton Yogyakarta. SOSIOHUMANIORA J. Ilm. Ilmu Sos. dan Hum., Volume 3 Nomor 1, halaman 80–88.

Published

2020-03-20

Issue

Section

Artikel