Efektivitas Model Pembelajaran Make A Match dan Talking Stick Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Authors

  • Siti Hafizah Irdina Universitas Muhammadiyah Ponorogo
  • Arta Ekayanti Universitas Muhammadiyah Ponorogo

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i1.5433

Keywords:

Efektivitas, Make A Match, Talking Stick, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Model Pembelajaran Make A Match dan Talking Stick terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Juga untuk mengetahui apakah Model Pembelajaran Make A Match lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika daripada Talking Stick. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan sampel kelas VIII B dan VIII D dari seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Babadan Ponorogo sebagai populasi. Kelas VIII B diberi pembelajaran Make A Match dan kelas VIII D diberi pembelajaran Talking Stick. Data penelitian diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah matematika yang kemudian dianalisis menggunakan Uji Wilcoxon, Uji Paired Sample t-Test, dan Uji Mann Withney. Diperoleh hasil bahwa Model Pembelajaran Make A Match dan Talking Stick berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika. Model Pembelajaran Make A Match lebih efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika dibandingkan Talking Stick.

References

Abdurrahman, Dr. mulyono. 2003. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmadi, H. Abu, and Widodo Supriyono. 1991. Psikologi belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Amalia, N. F. 2013. Keefektifan Model Kooperatif Tipe Make A Match dan Model CPS terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Motivasi Belajar. Jurnal Kreano, 4 (2), pp. 151-158.

Căprioară, Daniela. 2015. ‘Problem Solving - Purpose and Means of Learning Mathematics in School’. Procedia - Social and Behavioral Sciences 191 (June): 1859–64. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.332.

Charles, Randall I., Frank K. Lester, and Phares G. O’Daffer. 1987. How to Evaluate Progress in Problem Solving. NCTM How To-- Series. Reston, Va: National Council of Teachers of Mathematics.

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Eggen, Paul D., and Donald P. Kauchak. 1988. Strategies for Teachers: Teaching Content and Thinking Skills. 2nd ed. Englewood Cliffs, N.J: Prentice-Hall.

Huda, Miftahul. 2013. Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran Isu-Isu Metodis Dan Paradigmatis. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Isjoni. 2009. Pembelajaran Kooperatif Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Jakni. 2016. Metodologi Penelitian Eksperimen Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Komariah, Aan, and Cepi Triatna. 2008. Visionary Leadership Menuju Sekolah Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Parker, Walter, ed. 1996. Educating the Democratic Mind. SUNY Series, Democracy and Education. Albany: State University of New York Press.

PISA. 2012. Assessment and Analytical Framework: Student Performance in Mathematics, Reading, and Science, OECD.

Pólya, George, and John Horton Conway. 2004. How to Solve It: A New Aspect of Mathematical Method. Expanded Princeton Science Library ed. Princeton Science Library. Princeton [N.J.]: Princeton University Press.

Primandari, A. H. 2010. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Kelas VIII SMP N 2 Nanggulan dalam Pembelajaran Matematika Pokok Bahasan Bangun Ruang Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Square. Skripsi. Yogyakarta: FMIPA UNY.

Putra, Harry Dwi, Nazmy Fathia Thahiram, Mentari Ganiati, and Dede Nuryana. 2018. ‘Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang’. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika) 6 (2): 82. https://doi.org/10.25273/jipm.v6i2.2007.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Yarmayani, Ayu. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi, 8.

Published

2020-03-20

Issue

Section

Artikel