Model Experiential Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Pendidikan Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5844Keywords:
model experiential learning, kemampuan berpikir kritisAbstract
References
Azizi, A., Susanto, & Pambudi, D. S (2013). Penerapan Model Experiential Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Unsur Lingkaran Siswa Kelas VIII SMP Salafiyah Miftahul Huda Jenggawah Tahun Ajaran 2012/2013. Kadikma, 4 (3), 113-120.
Kolb, D. A. (1984). Experiential Leraning: Experience as The Source of Learning and Development. Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, Inc.
Lestari, I. F., Rusnayati, H., & Rochman, C. (2017). Model Pembelajaran Experiential Kolb untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Fluida Statis. Prosiding, Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains (SNIPS) yang Diselenggarakan oleh FMIPA ITB, tanggal 26-27 Juli 2017, Bandung: Institut Teknologi Bandung.
Paradesa, R. (2015). Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa Melalui Pendekatan Konstruktivisme pada Matakuliah Matematika Keuangan. Jurnal Pendidikan Matematika, 1 (2), 306-325.
Peter, E. E. (2012). Critical Thinking: Essence For Teaching mathematics and Mathematics Problem Solving Skills. African Journal of Mathematics and Computer Science Research, 5 (3), 39-43.
Razak, F. (2017). Hubungan Kemampuan Awal terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematika pada Siswa Kelas VII SMP Pesantren IMMIM Putri Minasatena. Jurnal Musharafa. 6 (1): 117-128.
Richardo, R., Martyanti, A., & Suhartini. (2018). Analisis Kebutuhan Pengembangan Subject Specific Pedagody Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. Journal of Mathematics Education, 8 (2), 138-144.
Sabandar, J. (2007). Berpikir Reflektif. Prosiding, Seminar Nasional Pendidikan Matematika yang Diselenggarakan oleh FPMIPA UPI, tanggal 8 Desember 2007, Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.
Shanti, W. N., Sholihah, D. A., & Martyanti, A. (2017). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Posing. LITERASI (Jurnal Ilmu Pendidikan), 8 (1), 48-58.
Sholihah, D. A., & Mahmudi, A. (2015). Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2 (2), 175-185.
Sholihah, D. A., & Shanti, W. N. (2018). Pembelajaran Konflik Kognitif Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6 (1), 71-82.
Somakim. (2011). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Sekolah Menengah dengan Penggunaan Pendidikan Matematika Realistik. Jurnal Forum MIPA, 14(1), 42-48.
Zetriuslita, Ariawan, A., & Nufus, H., (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Kalkulus Integral Berdasrkan Level Kemampuan Mahasiwa. Jurnal Ilmiah Prodi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, 5 (1): 56-65.