Analisis Penerapan Pendekatan STEM untuk Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Peluang

Authors

  • Ari Widiastuti Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia
  • Adelia Febby Indriana Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA), Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5895

Keywords:

STEM, berpikir kreatif, Peluang

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendekatan STEM dapat mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi peluang dan untuk mengetahui langkah-langkah penerapan pendekatan STEM pada materi peluang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Subjek penelitian siswa kelas VIII G yang terdiri dari 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini ada 3 yaitu observasi, wawancara, dan dokmentasi. Instrumen yang digunakan dalam peneitian ini adalah angket skala berpikir kreatif, pedoman observasi dan wawancara. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pendekatan STEM dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif siswa. Siswa dapat dikategorikan mempunyai kemampuan berpikir kreatif tinggi dan sedang. Dapat disimpulkan bahwa pendekatan STEM efektif digunakan untuk mengatasi rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi peluang.

Author Biography

Ari Widiastuti, Universitas Islam Sultan Agung (UNISSULA)

Saya Ari Widiastuti dari Universitas Islam Sultan Agung Semarang, Prodi Pendidikan Matematika

References

Alfieri, H. L., Shoop, R. R., & Schuun, D. C. (2015). Case Studies Of A Robot-Based Game to Shape Interests and Hone Proportional Reasoning Skills. Journal International Journal of STEM Education, 2.

Arieti, S., In S.G., I., K.B., D., & D.J., T. (2011). Creative Approaches To Problem Solving A Framework for Innovation and Change . Thousand Oaks SAGE Publication Inc, 3.

Australian Curriculum, A. a. (2015). The Australian Curriculum. Sydney, NSW : ACARA.

Breiner, J. J. (2012). Apa itu STEM? Diskusi Tentang Konsepsi STEM dalam Pendidikan dan Kemitraan. Sains dan Matematika Sekolah 112 (I), 3-11.

Browman, K. (2010, febuary 3). Makalah Latar belakang untuk Dewan AQF tentang keterampilan generik. Dipetik 12 23, 2019, dari Makalah Latar belakang untuk Dewan AQF tentang keterampilan generik: http://www.aqf.edu.au/wp-content/uploads/2013/06/Generic-skills-background-paper-FINAL.pdf

Hanover, R. (2011). Successful K-12 STEM Education.Identifying Effective Approaches in Sciences, Technology, Engineering and Mathematics. Washington.DC.U.S: National Academies Press.NW.Suite 300.P202.756.2971 F 866.808.6585.

Kidwell, K., & Smith. (2000). Kurikulum interdisipliner: Tinjauan Literatur Dan Manual Untuk Administrator Dan Guru.

Massyrova, e. (2014). Theoretical and Experimental Study of The Concept of The Students Creative Thinking. Procedia Social and Behavioral Sciences Journal, Elsevier, 445-448.

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Dalam Mulyadi, Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Yogyakarta: Nuha Litera.

Mulyadi. (2010). Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus. Dalam Mulyadi, Diagnosis Kesulitan Belajar dan Bimbingan Terhadap Kesulitan Belajar Khusus (hal. 8). Yogyakarta: Nuha Litera.

Obama, B. (2009). Educate to Innovate Press Conference. Dipetik May 2, 2015, dari Educate to Innovate Press Conference: http://www.whitehouse.gov/issues/education/educate-innovate

O'Donoghue, T. &. (2014). Integrasi Otentik: Sebuah Model untuk Mengintegrasikan Matematika dan Sains di Kelas. Jurnal Internasional Pendidikan Matematika dalam Sains dan Teknologi, 45(5), 703-718.

Rennie, L. V. (2012). Mengintegrasikan Sains, Teknologi, Teknik, dan Matematika: Masalah, Refleksi dan Jalan Ke Depan. New York: Routledge.

Shaughnessy, M. (2013). Mathematics Teaching in The Middle School. Mathematics in a STEM context, 324.

Smith, J. d.-K. (2000). Kurikulum Interdisipliner : Tinjauan Literatur dan Manual Untuk Administrator dan Cara.

Suryani, Y. E. (2010). Kesulitan Belajar . Jurnal Penelitian Magistra, 33-47.

Svecova, R., Rumanova , L., & Pavlovica, G. (2014). Support Ofipil's Creative Thinking in Mthematics Educations. Procedia Sosial and Behavioral Sciences Journal. Elsevier, 1715-1719.

Treacy, P., & O'Donoghue, J. (2014). Integrasi otentik: Sebuah model untuk mengintegrasikan matematika dan sains di kelas. Jurnal Internasional Pendidikan Matematika dalam Sains dan Teknologi, 45(5), 703-718

Published

2019-12-05

How to Cite

Widiastuti, A., & Indriana, A. F. (2019). Analisis Penerapan Pendekatan STEM untuk Mengatasi Rendahnya Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Peluang. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 403–416. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5895

Issue

Section

Artikel

Citation Check