Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning

Authors

  • Nur Fathonah Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia
  • Ulin Yudhawati SMAN 15 Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5910

Keywords:

model pembelajaran PBL, kreativitas siswa, hasil belajar siswa

Abstract

Hasil belajar siswa SMAN 15 Surabaya materi eksponensial dan logaritma masih rendah. Kondisi ini dilatarbelakangi pasifnya siswa selama pembelajaran di kelas. Penelitian ini dilakukan guna mengetahui aktivitas dan hasil belajar siswa setelah mengikuti pembelajaran di kelas dengan diterapkannya pembelajaran berbasis masalah. Pelaksanaan kegiatan perbaikan dan peningkatan dalam pelaksanaan pembelajaran ini diterapkan pada siswa kelas X MIPA 1 SMAN 15 Surabaya sejumlah 32 siswa.. Peneliti selaku pelaksana perbaikan proses pembelajaran dan subjek yang membantu pelaksana yaitu guru dan kepala sekolah.  Observasi dan tes merupakan teknik yang digunakan peneliti untuk memperoleh data primer dari proses perbaikan pembelajaran ini kemudian dilakukan analisis data secara diskriptif kulitatif. Melalui perbaikan pelaksanaan proses pembelajaran menggunakan pembelajaran berbasis masalah ini diperoleh bahwa adanya perubahan peningkatan aktivitas dan perbaikan hasil belajar siswa kelas X MIPA 1 SMAN 15 Surabaya. Simpulan penelitian ini menyatakan bahwa dengan menerapkan metode pembelajaran PBL dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar yang diperoleh siswa.

References

Davis, R. E. (1984). Learning Mathematics. The Cognitive Science Approach to. Sidney: Croom helm Australia Pty Ltd.

Fauzi, L. M. (2018). Identifikasi Kesulitan dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 21-28. doi:10.26877/jipmat.v3i1.2286

Fitriatien, S. R. (2019). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika berdasarkan Newman. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1), 53 - 64. doi:10.26877/jipmat.v4i1.3550

Fitriatien, S. R. (2019, Mei - Agustus). Deskripsi Kesalahan Mahasiswa Tahun Pertama pada Soal Aljabar. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 183-198. doi:https://doi.org/10.33654/math.v5i2.655

Hamzah, A., & Mulisrarini. (2014). Perencanaan dan Srategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hendrian, H., & Soemarno, U. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Jatmiko. (2018). Kesulitan Siswa dalam Memahami Pemecahan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 3(1), 17-20. doi:10.26877/jipmat.v3i1.2285

Krulik, S., & J.A., R. (1993). Reasoning And Problem Solving. Boston: Allyn and Bacon.

Pitadjeng. (2015). Pembelajaran Matematika yang Menyenangkan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sofiyah, N., & Wulandari, F. E. (2018). Model Problem Based Learning (PBL) dalam Melatih Scientific Reasoning Siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 3(1), 33-38. doi:http://dx.doi.org/10.26740/jppipa.v3n1.p33-38

Published

2019-12-05

How to Cite

Fathonah, N., & Yudhawati, U. (2019). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Problem Based Learning. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 361–368. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.5910

Issue

Section

Artikel

Citation Check