Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristic

Authors

  • Tona Tona Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Nila Kesumawati Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Marhamah Marhamah Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v7i3.6005

Keywords:

Kemampuan pemahaman konsep matematis, Model pembelajaran LAPS-Heuristic, Motivasi belajar.

Abstract

Penelitian ini bertujuan agar dapat mengetahui pengaruh Logan Avenue Problem Solving-Heuristic (LAPS-Heuristic) terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis berdasarkan motivasi belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu kuasi eksperimen (quasi experiment) dengan desain faktorial (factorial design) 2 x 3. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Ada pengaruh LAPS-Heuristic terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas VII SMP Negeri 15 Palembang. (2) Ada perbedaan kemampuan pemahaman konsep matematis ditinjau dari motivasi belajar siswa kelas VII SMP Negeri 15 Palembang. (3) Ada interaksi antara model pembelajaran dan motivasi belajar siswa terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa di VII SMP Negeri 15 Palembang.

References

Arwansyah dan Asron Batubara. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Logan Evenue Problem Solving-Heuristic dengan Strategi Induktif Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ekonomi kelas XI SMA Negeri 7 Medan TP. 2018/2019. Jurnal Ekonomi Pendidikan, Volume 8 Nomor 6, halaman 44-57.

As’ari, Abdur Rahman.dkk. 2017. Matematika SMP/MTs VIII. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Bakar, Ramli. 2014. Effect Of Learning Motivation On Student’s Productive Competencies In Vocational High School, West Sumatra. International Journal of Asian Social Science, Volume 4 Nomor 2, halaman 722-732.

Fahmi, dkk. 2017. Penerapan Metode Pembelajaran Problem Solving Untuk Meningkatkan Motivasi dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 3 Batukliang Tahun Pelajaran 2016/2017. JMPM, Volume 5 Nomor 1, halaman 85-89.

Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2013. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Pressindo .

Kesumawati, Nila. Allen Marga Retta & Novita Sari. 2017. Pengantar Statistika Penelitian. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Lestari, Karunia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika.Bandung : PT Refika Aditama.

Maulida, dkk. 2017. Analisis Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Persamaan Lingkaran Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas Xii Ips 4 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), Volume I Nomor 4, halaman 26-45.

Mulyasana, Dedy. 2011. Pendidikan Bermutu dan Berdaya Saing. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Nerru Pranuta Murnaka dan Sri Ratna Dewi. 2018. Penerapan Metode Pembelajaran Guided Inquiry untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis. Journal of Medives, Volume 2 Nomor 2, halaman 163-171.

Mutoharo, dkk. 2015. Hubungan Motivasi Belajar Terhadap Pemahaman Konsep IPA pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Surabaya. e-Journal UNESA (Pendidikan Sains), Volume 3 Nomor 02, halaman 1-9.

Nofriansyah, dkk. 2018. The Effect Of Learning Model Logan Avenue Problem Solving Heuristic To The Student’s Learning Activity. International Journal of Scientific and Research Publications, Volume 8 Nomor 10, halaman 279-286.

Purba, Oktaviana Nirmala dan Syahriani Sirait. 2017. Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Model LAPS-Heuristic Di SMA Shafiyyatul Amaliyah. Jurnal Matematics Pedagogic, Volume 2 Nomor 1, halaman 31-39.

Sardiman. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-Ruzz Media.

Sundayana, Rostina. 2014. Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta.

Published

2019-12-05

How to Cite

Tona, T., Kesumawati, N., & Marhamah, M. (2019). Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Berdasarkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran LAPS-Heuristic. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 417–426. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.6005

Issue

Section

Artikel

Citation Check