Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa

Authors

  • Ni Ketut Seniasih Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Andinasari Andinasari Universitas PGRI Palembang, Indonesia
  • Marhamah Marhamah Universitas PGRI Palembang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v7i3.6018

Keywords:

Means-Ends Analysis, Kemampuan Representasi Matematis

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan kemampuan representasi matematis melalui model pembelajaran Means-Ends Analysis siswa kelas VII. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini yakni apakah ada peningkatan kemampuan representasi matematis melalui model pembelajaran Means-Ends Analysis pokok bahasan operasi pada pecahan siswa kelas VII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 4 Lalan dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII yang berjumlah 32 orang. Metode penelitian yang digunakan adalah Pre-experimental dengan desain pembelajaran The One-Group Pretest-Postest Design. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu Pretest dan Posttest. Data dianalisis dengan menggunakan uji gain ternormalisasi (N-Gain). Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa ada peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui model pembelajaran Means-Ends Analysis dengan indeks N-Gain diperoleh 0,79 dan termasuk dalam kriteria tinggi.

References

Fitri, Nurul dkk. 2017. Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Jurnal Didaktik Matematika, Volume 4 Nomor 1

Fonna, Mutia dan Mursalin. 2018. Role Of Self-Efficacy Toward Studens Achievement In Mathematical Multiple Representation Ability (MMRA). Jurnal Ilmiah Peuradeun, Volume 6 Nomor 1, halaman 31-40

Isrok’atun dan Amelia Rosmala. 2018. Model-Model Pembelajaran Matematika. Jakarta, Bumi Aksara

Lestari, Kurnia Eka dan Mokhammad Ridwan Yudhanegara, M.R. 2015.Penellitian Pendidikan Matematika. Bandung, PT Refika Aditama

Mardina, Dina dkk. 2017. Pengembangan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Melalui Strategi REACT Dalam Materi Pecahan di SMP. Jurnal Untan. Volume 6 Nomor 10.

Minarni, Ani dan E. Elvis Napitupulu. 2017. Developing Instruction Materials Based On Joyful PBL To Improve Students Mathematical Representation Ability. International education Studies. Volume 10 Nomor 9.

Ngalimun. 2017. Strategi Pembelajaran. Yogyakarta, Parama Ilmu

Priansa, Juni Donni. 2015. Manajemen Peserta Didik dan Model Pembelajaran. Bandung, Afabeta

Prafitriyani, Siami dan Awi Dassa. 2016. Exploration Of Procedural Knowledge In Solving Arithmetic Operation In Fraction Of Grade XI Students At SMAN 17 In Makasar. Jurnal Daya Matematika. Volume 4 Nomor 2.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Umar, Wahid. 2017. Constructing Means Ends Analysis Introduction to Improve Students’ Critical Thinking Ability and Mathematical Habits of Mind Disposition. International Journal Of Education and Research. Volume 5 Nomor 2.

Wasiran, Yulianto dan Andinasari. 2019. Mathematics Instructional Package Based on Creative Problem Solving to Improve Adaptive Reasoning Ability and Creative Thinking Ability. Journal Of Physics Conference Series. Vol.1167.

Widakdo, W.A. 2017. Mathematical Representation Ability by Using Project Based Learning On The Topic Of Statistics. Journal of Physics Conf.Series. Vol. 895.

Published

2019-12-05

How to Cite

Seniasih, N. K., Andinasari, A., & Marhamah, M. (2019). Model Pembelajaran Means-Ends Analysis Terhadap Peningkatan Kemampuan Representasi Matematis Siswa. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(3), 391–402. https://doi.org/10.30738/union.v7i3.6018

Issue

Section

Artikel

Citation Check