Efektifitas Model Group Investigation Dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Self Efficacy

Nika Fetria Trisnawati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan keefektifan model Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar dan self efficacy mahasiswa kelas E semester 6 FKIP Universitas Muhammadiyah Sorong tahun ajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian Preexperimental dengan desain one group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian mencakup seluruh Mahasiswa semester VI Pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Sorong dengan kelas E sebagai sampel acak. data peningkatan self efficacy siswa diperoleh dengan menggunakan lembar angket dan data hasil belajar digunakan tes hasil belajar. Untuk menguji keefektifan model pembelajaran digunakan One sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan Group Investigation efektif meningkatkan hasil belajar dan self efficacy mahasiswa. Penelitian ini sangat berguna untuk mengetahui Model-Model pembelajaran yang efektif dalam hasil belajar dan self efficacy dalam materi pembelajaran di kelas.

Keywords


Efektifitas; Group Investigation; Hasil Belajar; Self Efficacy

References


Anita, N.M.Y., dkk (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (Gi) Terhadap Self-Efficacy Siswa. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 3.

Arsyad, RB. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika dengan Menggunakan Model Cooperative Learning dan teknik Napier pada siswa kelas IV B SD Muhammadiyah 2 Kota Sorong. Vol. 5, No. 2, Hal 14-25, Desember 2016.

Cahyaningsih, Ujiati., & Ghufron, Anik (2016). Pengaruh Penggunaan Model Problem-Based Learning Terhadap Karakter Kreatif Dan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Karakter. Tahun VI, No. 1, Hal 104-115, April 2016.

Fajriati, Rizka., dkk. (2019). Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation (GI) dan Numbered Head Together (NHT) Terhadap Prestasi Matematika. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, Vol. 1, No. 4, Hal 56-66, Juli 2019.

Fardana, Nur Aini & Kisti, Hepy Hapsari. (2012). Hubungan Antara Self Efficacy dengan Kreativitas pada siswa SMK. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, Jilid 1, No 2, Hal 51-58, Juni 2012.

Hosnan. (2014). Hosnan. Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Indrawati. (2018). Pembelajaran Group Investigation Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jekpend: Jurnal Ekonomi dan Pendidikan, Vol. 1, No. 1, Hal 17-26, Januari 2018.

Irmayani. (2016). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Matematika pada siswa di Kelas X SMAN 2 Camba Kabupaten Maros. Repositori UIN Alauddin Makassar.

Mulyono; Arie Anang Setyo. (2018). Komparasi Keefektifan Antara Model Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT Dan Snowball Throwing Dalam Pembelajaran Geometri Analitik. Qalam: jurnal ilmu kependidikan, Vol. 7, No. 2, Hal. 115-123, Desember 2018.

Nugraheni & Purwanta. (2018). Upaya Meningkatkan Self Efficacy Siswa Kelas Xi Ipa 2 Sma Negeri 1 Kalibawang Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan Pendekatan Guided Inquiry.Indonesian Digital Journal of Mathematics and Education, Volume 5 Nomor 8.

Santrock, W. John. (2011). Psikologi Pendidikan (2nd ed). Jakarta: McGraw-Hill Company, Inc.

Setyo, Arie Anang. (2017). Keefektifan Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Integrasi Teori Belajar Van Hiele Pada Materi Geometri di Kelas V Sekolah Dasar. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol. 6, No. 1, Hal. 1-11, Juni 2017

Trisnawati, Nika Fetria. (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa dengan menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) pada Siswa Kelas VB SD Muhammadiyah I Kota Sorong. Qalam: Jurnal Ilmu Kependidikan, Vol. 5, No. 2, Hal 26-32, Desember 2016.

Trisnawati, Nika Fetria. (2017). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Two Stay Two Stray dengan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Matematika pada Siswa SMP Negeri 2 Kota Sorong. Jurnal Median, Vol. IX, No. 3, Hal. 36-42, Oktober 2017.

Wiratmaja., dkk. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhad Ap Self-Efficacy dan Emotional Intelligence Siswa SMA. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Volume 4.

Yunianti, Elis., dkk, (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Dan Self-Efficacy Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 1 Parigi. E- Journal Mitra SAINS, Volume 4 Nomor 1, Halaman 8-19, Januari 2018.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v7i3.6126

Article Metrics

Abstract view : 400 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 205 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats