Pengaruh Media Pembelajaran Flash Card Math Terhadap Hasil Belajar Matematika Materi Himpunan Kelas VII

Authors

  • Muslimin Muslimin Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Muslimin Tendri Universitas Muhammadiyah Palembang
  • Ichwatun Khasanah Universitas Muhammadiyah Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v9i1.6289

Keywords:

pengaruh, media Flash Card Math, hasil belajar, himpunan.

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan dalam penelitian ini adalah “untuk mengetahui ada atau tidak ada  pengaruh media Flash Card Math terhadap hasil belajar matematika materi himpunan kelas VII SMP Negeri 7 Palembangâ€. Subjek yang diteliti, siswa kelas VII SMP Negeri 7 Palembang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen. Dari data diperoleh nilai rata-rata hasil belajar matematika siswa menggunakan media Flash Card Math adalah 79,06 dengan jumlah siswa 32 orang. Sedangkan hasil belajar matematika siswa tanpa menggunakan media Flash Card Math adalah 73,13 dengan jumlah siswa 29 orang. Nilai rata-rata kelas eksperimen lebih baik dari nilai rata-rata kelas kontrol. Berdasarkan analisis hasil perhitungan uji t diperoleh thitung = 4,311 untuk  dan dk = 59 diperoleh ttabel = 2,001, ini berarti thitung  > ttabel sehingga H0 ditolak dan H1 diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa “ada pengaruh media Flash Card Math  terhadap hasil belajar matematika pada materi himpunan di kelas VII SMP Negeri 7 Palembangâ€.

Kata kunci: pengaruh, media Flash card Math, hasil belajar, himpunan.

 

 

ABSTRACT

 

The purpose of this study was "to find out whether or not there was an effect of the Flash Card Math on the results of learning mathematics in the material set of class VII Palembang State Middle School 7". The subject studied, the seventh-grade students of Palembang State Middle School 7. This type of research is an experiment. Outcomes of students who take part in learning without using the Flash Card Math are 73.13 with 29 students. There is a difference in the average value of mathematics learning outcomes of students using Flash Card Math and the average value of mathematics learning outcomes of students without using Flash Card Math in class VII Palembang Palembang State Middle School 7. The average value of the experimental class is better than the average value of the control class. Based on the analysis of the results of t-test calculations obtained t count = 4.311 for ∠= 5% and DK = 59 obtained t table = 2.001, this means t count > t table so that H0 is rejected and H1 is accepted. Thus it can be concluded that "there is the influence of Flash Card Math on the mathematics learning outcomes in the set material in class VII Palembang 7 Public Middle School".

Keywords: influence, Math Flashcard, learning outcomes, set.

References

Aminah, A. (2020). Peningkatan Kompetensi ICT Guru dalam Proses Belajar Mengajar melalui Supervisi Kepala Sekolah. Jurnal METAEDUKASI, 2(2), 46–56. https://doi.org/10.37058/metaedukasi.v2i2.2510

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 11–16. https://doi.org/10.24036/jtev.v5i2.105133

Emda, A. (2018). Kedudukan motivasi belajar siswa dalam pembelajaran. Lantanida Journal, 5(2), 172–182. https://doi.org/10.22373/lj.v5i2.2838

Ismail, H. (2018). Peningkatan motivasi belajar matematika melalui pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas V SD Inpres Palupi. Jurnal Kreatif Online, 4(4).

Komalasari, K. (2016). Pengaruh Penggunaan Media Flash Card Math terhadap Hasil Belajar Metematika. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 1(2), 237–246.

Loflin, L., Vargo, K. K., & Plaster, M. (2020). Flashcard Interventions to Teach Sight Words and Math Facts. Read An Online Journal for Literacy Educators, 5(8), 1–28.

Maulidah, R., & Satianingsih, R. (2021). Implementasi Media Flash Card: Studi Eksperimental untuk Keterampilan Berhitung Siswa. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Ke-SD-An, 8(1), 7–14.

Setiawati, N. L. M., Dantes, N., & Candiasa, I. M. (2015). Pengaruh Penggunaan Media Gambar Flash Card Terhadap Minat dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik Kelas VI SDLBB Negeri Tabanan. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan Indonesia, 5(1). https://doi.org/10.23887/jpepi.v5i1.1549

Setiyowati, A., Holisin, I., & Suprapti, E. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Think Pair Share (Tps) Dengan Media Flashcard Math Di Smp Muhammadiyah 10 Surabaya. PROCEEDING UMSURABAYA.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana prenada media group.

Tafonao, T. (2018). Peranan media pembelajaran dalam meningkatkan minat belajar mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 2(2), 103–114. https://doi.org/10.32585/jkp.v2i2.113

Tayibu, N. Q., & Faizah, A. N. (2021). Efektivitas Pembelajaran Matematika melalui Metode Penemuan Terbimbing Setting Kooperatif. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(1), 117–128. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i1.728

Yatinel, Y. (2016). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Penggunaan Media Flash Card pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pelangi, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.22202/jp.2016.v9i1.924

Published

2021-03-05

Issue

Section

Artikel