Analisis Bangunan Bersejarah Panggung Krapyak Terhadap Geometri

Estina Widyaningsih, Venanda Amanatun Septena, Megita Dwi Pamungkas

Abstract


Analisis bangunan bersejarah Panggung Krapyak memiliki tujuan untuk mengetahui sejarah Panggung Krapyak dan mengetahui pendekatan terhadap bangun geometri Panggung Krapyak. Jenis penelitian berupa penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini merupakan bangunan bersejarah Panggung Krapyak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi (observasi) secara langsung. Wawancara dilakukan dengan warga setempat yang berada di sekitar bangunan dan dokumentasi dilakukan secara langsung. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis bangunan yang terkait dengan geometri seperti bentuk bangunan pada Panggung Krapyak. Hasil dari penelitian ini diperoleh yaitu Panggung Krapyak pada awalnya dimaksudkan sebagai tempat panggung tempat sultan dan keluarganya beristirahat dan mengawasi anggota keluarganya berburu rusa, merupakan bangunan yang terdiri dari dua lantai, terbagi dalam 9 segmen dan mempunyai pintu ke 4 arah mata angin. Bentuk Panggung Krapyak tersebut menyerupai bentuk-bentuk geometri yaitu kubus.


Keywords


Sejarah Panggung Krapyak; Analisis Bangunan; Pendekatan Geometri

References


Fuadiah, N. F. 2009. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Di SD Negeri 179 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 73 – 84.

Suhartini. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, II(2), 105 – 112.

Oktaviani. 2019. Lawang Sewu Dalam Sudut Pandang Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 113 – 131.

Alfonsa. 2016. Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 1 – 6.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v8i1.6377

Article Metrics

Abstract view : 233 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 138 times

Refbacks



Copyright (c) 2020 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats