Analisis Bangunan Bersejarah Panggung Krapyak Terhadap Geometri

Authors

  • Estina Widyaningsih Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar
  • Venanda Amanatun Septena Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar
  • Megita Dwi Pamungkas Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i1.6377

Keywords:

Sejarah Panggung Krapyak, Analisis Bangunan, Pendekatan Geometri

Abstract

Analisis bangunan bersejarah Panggung Krapyak memiliki tujuan untuk mengetahui sejarah Panggung Krapyak dan mengetahui pendekatan terhadap bangun geometri Panggung Krapyak. Jenis penelitian berupa penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini merupakan bangunan bersejarah Panggung Krapyak. Teknik pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini yaitu wawancara dan dokumentasi (observasi) secara langsung. Wawancara dilakukan dengan warga setempat yang berada di sekitar bangunan dan dokumentasi dilakukan secara langsung. Teknik analisis data dilakukan dengan menganalisis bangunan yang terkait dengan geometri seperti bentuk bangunan pada Panggung Krapyak. Hasil dari penelitian ini diperoleh yaitu Panggung Krapyak pada awalnya dimaksudkan sebagai tempat panggung tempat sultan dan keluarganya beristirahat dan mengawasi anggota keluarganya berburu rusa, merupakan bangunan yang terdiri dari dua lantai, terbagi dalam 9 segmen dan mempunyai pintu ke 4 arah mata angin. Bentuk Panggung Krapyak tersebut menyerupai bentuk-bentuk geometri yaitu kubus.

References

Fuadiah, N. F. 2009. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Di SD Negeri 179 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 73 – 84.

Suhartini. 2017. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Pada Pembelajaran Geometri Berbasis Etnomatematika. Jurnal Gantang, II(2), 105 – 112.

Oktaviani. 2019. Lawang Sewu Dalam Sudut Pandang Geometri. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 113 – 131.

Alfonsa. 2016. Integrasi Etnomatematika Dalam Kurikulum Matematika Sekolah. Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia, 1(1), 1 – 6.

Published

2020-03-20

How to Cite

Widyaningsih, E., Septena, V. A., & Pamungkas, M. D. (2020). Analisis Bangunan Bersejarah Panggung Krapyak Terhadap Geometri. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 111–119. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.6377

Issue

Section

Artikel