Etnomatematika: Bangun Datar pada Benteng Van Der Wijck Gombong Jawa Tengah

Authors

  • Khayat Khayat SD IT Al - Madinah Kebumen

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i1.6384

Keywords:

etnomatematika, bangun datar, benteng van der wijck

Abstract

Etnomatematika merupakan pembelajaran matematika berbasis budaya. Budaya pada setiap daerah tentunya berbeda – beda, seperti halnya pada benteng peninggalan kolonial Belanda yang berada di komplek Secata. Benteng tersebut bernama Van der Wijck yang merupakan satu - satunya benteng di Indonesia memiliki bentuk segi delapan. Selain bentuk segi delapan, Benteng Van der Wijck memiliki ciri khas tersendiri yaitu dibuat dengan tumpukan bata merah. Benteng Van der Wijck terletak di Gombong, Kebumen Jawa Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi bentuk-bentuk matematika yang ada pada konstruksi bangunan benteng. Metode penelitian yang digunakan adalah eksplorasi, dokumentasi, wawancara, dan kemudian dikaji dengan studi literatur. Hasil penelitian menunjukkan adanya hubungan antara konstruksi bangunan benteng dengan bangun datar matematika.

References

Albanese, V., & Perales, F. J. (2015). Enculturation with Etnomathematical micro project: from culture to mathematics. Journal of Mathematics & Culture, 9(1), Halaman 1 – 11.

Astuti, E.P., Purwoko, R.Y., Sintiya, M.W. (2019). Bentuk Etnomatematika pada Batik Adipurwo dalam Pembelajaran Pola Bilangan. Journal of Mathematics Science and Education. Volume 1, No. 2, Halaman 1 – 16.

Marsigit, Condromukti, R., Setiana, D. S., Hardiart S. (2018). Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika. Prosiding Seminar Nasional Etnomatnesia. Halaman 20 – 28.

Rusliah, N. (2016). Pendekatan Etnomatematika dalam Permainan Tradisional Anak di Wilayah Kerapatan Adat Koto Tengah Kota Sungai Penuh Propinsi Jambi. Proceedings of The International Conference on University - Community Engagement Surabaya – Indonesia, 2 – 5 August 2016. Halaman 715 – 726.

Supiyati, S., Hanum, F., & Jailani. (2019). Ethnomathematics in Sasaknese Architecture. Journal on Mathematics Education. Volume 10, No. 1, Halaman 47 – 58.

Tandiling, E. (2013). Pengembangan Pembelajaran Matematika Sekolah dengan Pendekatan Etnomatematika Berbasis Budaya Lokal sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika di Sekolah. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika FMIPA UNY Yogyakarta, 9 November 2013. Halaman194 - 202.

Published

2020-03-20

How to Cite

Khayat, K. (2020). Etnomatematika: Bangun Datar pada Benteng Van Der Wijck Gombong Jawa Tengah. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 121–129. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.6384

Issue

Section

Artikel