Pengaruh Model Pembelajaran Creative Problem Solving terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa

Authors

  • Kadek Ana Lestari Universitas PGRI Palembang
  • Andinasari Andinasari Universitas sjakhyakirti
  • Dina Octaria Universitas PGRI Palembang

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v9i1.6468

Keywords:

Creative Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis

Abstract

ABSTRAK

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di SMA Negeri 8 Palembang. Metode penelitian ini adalah metode Quasi eksperimen dengan desain penelitian  Posttest-Only Control Design. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 1 dan XI MIA 2 SMA Negeri 8 Palembang yang berjumlah 64 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh positif penerapan model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.

Kata Kunci: pengaruh, creative problem solving, kemampuan pemecahan masalah

 

ABSTRACT

The purpose of this study was to determine the effect of the Creative Problem Solving (CPS) learning model on students' mathematical problem solving abilities at SMA Negeri 8 Palembang. This research method is a Quasi-experimental method with a Posttest-Only Control Design research design. The subjects in this study were students of class XI MIA 1 and XI MIA 2, SMA Negeri 8 Palembang, totaling 64 students. The instrument used in this study was a test of problem solving ability. Analysis of the data used in this study is the t test. The results showed that there was a positive influence on the application of the Creative Problem Solving (CPS) learning model to students' mathematical problem solving abilities.

Keywords: influence, creative problem solving, problem solving skills.

References

Hartono, Y. (2014). Matematika Strategi Pemecahan Masalah. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Herlawan, & Hadija. (2017). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas VII Melalui Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Berbasis Kontekstual. Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika, 3(1), 33-38. https://doi.org/10.37058/jp3m.v3i1.199

Juanda, M., Johar, R., & Ikhsan, M. (2014). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Komunikasi Matematis Siswa SMP Melalui Model Pembelajaran Means-ends Analysis (MeA). Jurnal Kreano, 5(2), 105-113. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.3322

Lubis, N. A., Ahmad, N. Q., & J, R. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Creative Problem Solving Pada Materi SPLDV Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Takengon. Jurnal As-Salam, 2(1), 22-32.

Malahayati, E. N. (2017). Pengaruh Lembar Kerja Siswa Berbasis Creative Problem Solving (CPS) Pada Materi Keanekaragaman Hayati Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Kelas X SMAN 4 Blitar. Jurnal Konstruktivisme, 147-158. https://doi.org/10.35457/konstruk.v9i2.247

Mudyahardjo, R. (2012). Pengantar Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Ngalimun. (2017). Strategi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Ilmu.

Novitasari, D. (2015). Penerapan Pendekatan Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Sebagai Upaya Meningkatkan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 1(1), 43-56. https://doi.org/10.24853/fbc.1.1.43-56

Octaria, D., & Sari, E. P. (2017). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Melalui Problem Based Learning. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. 1, pp. 110-114. Jakarta: UHAMKA.

Shoimin, A. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Udiyah, I. N., & Hernik, P. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah IPA Kelas VII SMP Negeri 2 Tuban. Proceeding Biology Education Conference, 14(1), 540-544.

Ulvah, S. (2016). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Ditinjau Melalui Model Pembelajaran SAVI dan Konvensional. Jurnal Riset Pendidikan, 14(1), 142-153.

Wasiran, Y., & Andinasari. (2019). Mathematics Ubstructional Package Based on Creative Problem Solving to Improve Adaptive Reasoning Ability and Creative Thinking Ability. Journal of Physics, 1-9. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1167/1/012060

Widodo, S., & Kartikasari. (2017). Pembelajaran Pemecahan Masalah Matematis Siswa Sekolah Dasar Dengan Model Creative Problem Solving (CPS). Jurnal PRISMA, 6(1), 57-65. https://doi.org/10.35194/jp.v6i1.28

Wijayanti, K., Nikmah, A., & Pujiastuti, E. (2018). Problem Solving Ability of Seventh Grade Students Viewed From Geometric Thinking Levels In Search Solve Create Share Learning Model. Unnes Journal of Mathematics Education, 7(1), 8-16. https://doi.org/10.15294/ujme.v7i1.21251

Wijayanto, R., & Santoso, R. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Problem Solving Berorientasi Pada Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, 1-10.

Yarmayani, A. (2016). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 1 Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(2), 12-19.

Published

2021-03-05

Issue

Section

Artikel