Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share Bernuansa Islami Untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa

Authors

  • Nila Ubaidah Universitas Islam Sultan Agung Semarang
  • Dyana Wijayanti Universitas Islam Sultan Agung Semarang

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i1.6842

Keywords:

kontruktivisme, Search Solve Create and Share, disposisi matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran matematika kontruktivisme model SSCS bernuansa Islami dalam meningkatkan disposisi matematis siswa SMA Negeri 1 Rowosari Kendal. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif, Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) secara keseluruhan tingkat pemahaman matematika siswa dalam kategori baik dan memuaskan. 2) kategori pemahaman matematika tiap indikator soal menunjukkan bahwa pada indikator pemahaman matematika yang kedua yaitu mengidentifikasi pola, menyusun definisi, serta mengaitkan konsep satu dengan yang lain, siswa kurang menguasai bahkan terbilang gagal. Untuk indikator yang lain, siswa sudah memahami dengan sangat baik. 3) Deskripsi pemahaman matematika siswa ditinjau dari disposisi matematis, siswa dengan kemampuan pemahaman matematika yang memuaskan dimiliki oleh siswa yang mempunyai tingkat disposisi matematis sangat tinggi, tinggi, dan sedang.

References

Afandi, A. & Hairun, Y. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Team Assisted Individuallization (TAI) Ditiinjau dari Kemampuan Pemahaman Matematis Siswa pada Materi Trigonometri. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5 (1), April 2016.

Depdiknas. 2006. Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: BNSP.

Depdiknas. 2006. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta:Depdiknas.

Kilpatrick, J., Swafford, J. dan Findel, B. (2001). “Adding It Up: Helping Children Learn Mathematicsâ€. Washington, DC: National Academy - Press.

Suherman, E., dkk. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA IMSTEP Universitas Pendidikan Indonesia.

Bruner, J. 1966. Toward a Theory of Instruction. Cambridge, MA: Havard Ineversity Press.

Cobb, P., et al. 1997. “Reflective Discourse and Collective Reflectionâ€.Journal of Research in Mathematics Education. 28(3), 258-277.

Pizzini, Edward L., Abel, Sandra K, dan Shepardson, Daniel P. 1988. Rethinking Thingking in the Science Classroom, The Science Teacher, December.

Hamzah. 2001. Pembelajaran Matematika Menurut Teori Belajar Konstruktivisme. Departemen Pendidikan Nasional.

Sudrajat, A. 2010. Teori Belajar Konstruktivisme. http://akhmadsudrajat. wordpress.com/2008/08/20/teori_belajar_konstruktivisme.

Sumarmo, U. 2007. “Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika Siswa SMA dikaitkan dengan Kemampuan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajarâ€. Disertasi. UPI: Tidak Diterbitkan.

Maxwell, K. 2001. “Positive Learning Dispositions in Mathematicsâ€. Springer Science. Business Media B.V. High Education.

Sa’dijah, C. 2006. “Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Beracuan Konstruktivisme untuk Peserta Didik SMPâ€. Jurnal Pendidikan Matematika. Mathedu PPs Unesa ½: 111-122. [13] Lasmin. 2011. “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika metode Power Teaching Konstruktivismeâ€. Tesis. Semarang. PPs Unnes.

Irwan. 2011. “Pengaruh Pendekatan Problem Posing Model Search, Solve, Create, And Share (SSCS) Dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Mahasiswa Matematikaâ€. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 12 No. 1.

Basir, M. 2012. “Pembelajaran Kooperatif Model SSCS Berbasis pemecahan masalah untuk Mengembangkan kemampuan Berpikir Kreatif Matematisâ€. Tesis. Semarang. PPs Unnes.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Published

2020-03-20

How to Cite

Ubaidah, N., & Wijayanti, D. (2020). Model Pembelajaran Search, Solve, Create, and Share Bernuansa Islami Untuk Meningkatkan Disposisi Matematis Siswa. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 131–145. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.6842

Issue

Section

Artikel