Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Asu
DOI:
https://doi.org/10.30738/union.v8i1.7609Keywords:
eksplorasi, etnomatematika, candi asuAbstract
References
Agustina, S & Patimah, S. 2019. “Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Pola Bilangan di Kota Cimahiâ€. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 No 2 Tahun 2019: 201-209. Yogyakarta : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Barker, C. 2014. Kamus Kajian Budaya. Diterjemahkan oleh: B. Hendar Putranto. Sleman: PT Kanisius.
BPCB Jateng. 2016. Komplek Candi Sengi (Candi Asu, Candi Pendem, dan Candi Lumbung). Tersedia di: http://kebudayaan.kemdikbud. go.id/bpcbjateng/kompleks-candi-sengi-candi-asu-candi-pendem-dan-candi-lumbung/ (Diakses tanggal 23 September 2019).
D’Ambrosio, U. 1985. “Etnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathemeticsâ€. For the Learning of Mathematics 5(1): 44-47. Canada: FLM Publishing Association.
Dewantara, K.H. 2013. Ki Hadjar Dewantara Bagian II: Kebudayaan. Jogjakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dan Majelis Luhur Taman siswa.
Ghony, M. D. & Almanshur, F. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Heruman. 2013. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Badung: Remaja Rosdakarya.
Marsigit, dkk. 2018. “Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematikaâ€. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia. Hlm 20-38. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Rani, Veronica. 2018. “Etnomatematika pada Candi Ratu Boko Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Realistikâ€. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vol.1, No.1 (2018). Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.
Rohayati, S., Karno, K., dan Chomariyah, W.I. 2017. “Identifikasi Etnomatematika pada Masjid Agung di Yogyakartaâ€. Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2017. ISSN: 2528-4630.
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Zhang, W & Zhang, Q. 2010. “Ethnomathematics and its integration within the mathematicscurriculumâ€. Journal of Mathematics Education. 3(1). 151.