Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Asu

Authors

  • Muhammad Irsyad Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • A.A. Sujadi Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Dafid Slamet Setiana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i1.7609

Keywords:

eksplorasi, etnomatematika, candi asu

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi unsur-unsur matematika (etnomatematika) pada Candi Asu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan etnografi. Data-data yang dipakai adalah data yang diperoleh melalui studi literatur, observasi, wawancara dan dokumentasi. Studi literatur dan wawancara digunakan untuk mengetahui aspek budaya yang terdapat di Candi Asu. Observasi digunakan untuk mengetahui aspek matematis pada Candi Asu. Dokumentasi sendiri digunakan untuk mendukung data-data yang telah diperoleh baik data wawancara maupun observasi. Hasil dari penelitian ini adalah terdapat unsur-unsur matematika (etnomatematika) pada Candi Asu, yaitu konsep persegi panjang, trapesium, pencerminan, dan geometri ruang.

References

Agustina, S & Patimah, S. 2019. “Analisis Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII pada Materi Pola Bilangan di Kota Cimahiâ€. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 No 2 Tahun 2019: 201-209. Yogyakarta : Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Barker, C. 2014. Kamus Kajian Budaya. Diterjemahkan oleh: B. Hendar Putranto. Sleman: PT Kanisius.

BPCB Jateng. 2016. Komplek Candi Sengi (Candi Asu, Candi Pendem, dan Candi Lumbung). Tersedia di: http://kebudayaan.kemdikbud. go.id/bpcbjateng/kompleks-candi-sengi-candi-asu-candi-pendem-dan-candi-lumbung/ (Diakses tanggal 23 September 2019).

D’Ambrosio, U. 1985. “Etnomathematics and its Place in the History and Pedagogy of Mathemeticsâ€. For the Learning of Mathematics 5(1): 44-47. Canada: FLM Publishing Association.

Dewantara, K.H. 2013. Ki Hadjar Dewantara Bagian II: Kebudayaan. Jogjakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa dan Majelis Luhur Taman siswa.

Ghony, M. D. & Almanshur, F. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Heruman. 2013. Model Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Badung: Remaja Rosdakarya.

Marsigit, dkk. 2018. “Pengembangan Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematikaâ€. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia. Hlm 20-38. Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Rani, Veronica. 2018. “Etnomatematika pada Candi Ratu Boko Sebagai Pendukung Pembelajaran Matematika Realistikâ€. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Vol.1, No.1 (2018). Yogyakarta: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Rohayati, S., Karno, K., dan Chomariyah, W.I. 2017. “Identifikasi Etnomatematika pada Masjid Agung di Yogyakartaâ€. Prosiding. Seminar Nasional Pendidikan Matematika 2017. ISSN: 2528-4630.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatf, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zhang, W & Zhang, Q. 2010. “Ethnomathematics and its integration within the mathematicscurriculumâ€. Journal of Mathematics Education. 3(1). 151.

Published

2020-03-20

How to Cite

Irsyad, M., Sujadi, A., & Setiana, D. S. (2020). Eksplorasi Etnomatematika pada Candi Asu. Union: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.7609

Issue

Section

Artikel

Citation Check