Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Uraian Matematika Materi Logaritma Kelas X SMK

Supita Supita, Lanti Zita Nuryani, Istiqomah Istiqomah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan menyelesaikan soal uraian materi logaritma kelas X SMK penerbangan AAG Adisutjipto. Penelitian ini merupakan jenis kualitatif deskriptif. Ukuran sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 5 orang siswa kelas X EA1 SMK Penerbangan AAG Adisutjipto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan teknik wawancara. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 2 orang siswa sudah mencapai KKM sekolah dalam menyelesaikan permasalahan soal logaritma siswa mampu memahami masalah. Menyusun rencana penyelesaian, melaksanakan rencana dan memeriksa kembali jawaban. Sedangkan 3 siswa yang lain masih berada di bawah KKM sekolah dalam menyelesaikan permasalahan soal logaritma siswa kurang mampu memahami masalah dalam konsep atau sifat logaritma dan kurang teliti sehingga dalam menyusun strategi siswa masih kesulitan yang mengakibatkan jawaban siswa menjadi tidak tepat. Penelitian ini diharapkan dapat mengurangi kesalahan dalam menyelesaikan soal uraian matematika.

Keywords


analisis kesalahan; soal uraian; materi logaritma

References


Achmad, F. A. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas V Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Pembagian Pecahan. FMIPA.

Afrilianto, M. (2012). Peningkatan pemahaman konsep dan kompetensi strategis matematis siswa SMP dengan pendekatan metaphorical thinking. Infinity Journal, 1(2), 192–202.

Ardiana, N. A., Arigiyati, T. A., & Nasroni, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Imogiri. Prosiding Sendika, 5(1).

Arifin, Z. (2011). Penelitian pendidikan metode dan paradigma baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Farida, N. (2015). Analisis kesalahan siswa SMP kelas VIII dalam menyelesaikan masalah soal cerita matematika. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2).

Herawati, O. D. P., Siroj, R., & Basir, D. (2010). Pengaruh pembelajaran problem posing terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas xi ipa sma negeri 6 palembang. Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1).

Krisdiana, I., Apriandi, D., & Setiansyah, R. K. (2014). Analisis Kesulitan yang Dihadapi oleh Guru dan Peserta Didik Sekolah Menengah Pertama dalam Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran MAtematika (Studi Kasus Eks-Karesidenan Madiun). JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(1).

Kuncoro, K. S., & Junaedi, I. (2018). Analysis of problem solving on project based learning with resource based learning approach computer-aided program. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 12150. IOP Publishing.

Maulid, S., Samparadja, H., & Sahidin, L. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Raha dalam Menyelesaikan Soal-Soal Eksponen dan Logaritma. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 5(1), 155–168.

Newman, M. A. (1983). Strategies for Diagnosis and Remediation. Sydney: Harcourt, Brace Jovanovich.

Polya, G. (2004). How to solve it: A new aspect of mathematical method. Princeton university press.

Prastiyowati, L., Gembong, S., & Darmadi, D. (2015). Profil Kemampuan Pemahaman Siswa Kelas X Dalam Menyelesaikan Masalah Yang Berkaitan Dengan Penerapan Sifat-Sifat Eksponen dan Logaritma Ditinjau Dari Kemampuan Awal. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 4(1), 1–10.

Pratama, M. Y. (2018). Analisis kesulitan dan alternatif pemecahannya dalam menyelesaikan soal-soal matematika pokok bahasan logaritma di kelas x mas pab-1 Sampali tahun ajaran 2016/2017. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara.

Setiyawan, B., & Sutarni, S. (2016). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Logaritma pada siswa kelas X SMK N 1 Banyudono Tahun 2015/2016. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Sukmadinata, N. S. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Suratman, D. (2011). Pemahaman Konseptual dan Pengetahuan Prosedural Materi Pertidaksamaan Linear Satu Variabel Siswa Kelas VII SMP (Studi Kasus di Mts. Ushuluddin Singkawang. Jurnal Cakrawala Kependidikan, 9(2).

Widjajanti, D. B. (2009). Kemampuan pemecahan masalah matematis mahasiswa calon guru matematika: apa dan bagaimana mengembangkannya. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5.

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2 Juli).




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v8i1.7610

Article Metrics

Abstract view : 246 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats