Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Matematika Kelas VIII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan

Authors

  • Hana Hakim Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Solechatun Solechatun Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Istiqomah Istiqomah Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i1.7611

Keywords:

analisis, kesalahan siswa, matematika

Abstract

Tujuan penulisan artikel jurnal ini adalah untuk mengetahui bagaimana kesalahan konsep, bagaimana kesalahan prosedural, bagaimana kesalahan komputasi, dan jenis kesalahan paling banyak yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal uraian matematika pokok bahasan relasi dan fungsi pada siswa kelas VIII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan Yogyakarta Tahun Pelajaran 2019/2020. Objek penelitian ini adalah kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal uraian matematika. Teknik pengambilan sampel yang digunakan purposive sampling. Instrumen penelitian adalah peneliti dokumentasi dan wawancara. Validitas butir soal diperoleh melalui korelasi product moment. Reliabilitas tes diperoleh dengan menggunakan rumus Alpha. Teknik analisis data dilakukan dengan teknik triangulasi. Hasil penelitian secara deskriptif menunjukkan bahwa siswa kelas VIII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan melakukan kesalahan konsep tertinggi yaitu  sebesar 95% termasuk kategori sangat tinggi, kesalahan procedural tertinggi sebesar 93,7% termasuk kategori sangat tinggi, dan kesalahan komputasi tertinggi sebesar 95,5 % termasuk kategori sangat tinggi. Sedangkan jenis kesalahan yang paling banyak adalah kesalahan komputasi yaitu sebesar 95,5%.

References

Aly, B. F. N., Sujadi, A. A., & Taufiq, I. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Pada Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Seyegan. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 7(1), 135–144.

Amrullah, A. M., & Arigiyati, T. A. (2018). Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Uraian Pokok Bahasan Kubus. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2).

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta. Jakarta: Rajawali Press.

Hudoyo, H. (1990). Strategi Belajar Mengajar. Malang: IKIP Malang.

Istiqomah, N. (2016). Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Siswa Kelas Xi SMK Tamtama Karanganyar Tahun Ajaran 2013/2014. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(2).

Moleong, L. J. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif; Cetakan ke 14. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rohmah, R. E. N., & Purnami, A. S. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numebered Head Together Terhadap Hasil Belajar Matematika. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(3).

Sudiono, E. (2017). Analisis kesalahan dalam menyelesaikan soal matematika materi persamaan garis lurus berasarkan analisis newman. UNION: Jurnal Pendidikan Matematik, 5(3), 295–301.

Widodo, S. A. (2013). Analisis kesalahan dalam pemecahan masalah divergensi tipe membuktikan pada mahasiswa matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 46(2 Juli).

Widodo, S. A., & Sujadi, A. A. (2015). Analisis kesalahan mahasiswa dalam memecahkan masalah trigonometri. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1(1).

Published

2020-03-20

How to Cite

Hakim, H., Solechatun, S., & Istiqomah, I. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Uraian Matematika Kelas VIII SMP Taman Dewasa Ibu Pawiyatan. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(1), 63–72. https://doi.org/10.30738/union.v8i1.7611

Issue

Section

Artikel