Eksperimentasi Model Pembelajaran Flipped Classroom Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa

Authors

  • Hari Kurniawan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Pardimin Pardimin Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Zainnur Wijayanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i1.7612

Keywords:

Model Flipped Classroom, Model Pembelajaran Langsung, Disposisi Matematis

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa SMP Negeri 1 Sewon yang dikenai Model Pembelajaran Flipped Classroom dan Model Pembelajaran Langsung, serta untuk mengetahui apakah model pembelajaran Flipped Classroom efektif digunakan dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini termasuk dalam penelitian eksperimen semu. Subjek penelitian dibagi dalam 2 kelompok, yakni kelompok eksperimen yang dikenai model pembelajaran Flipped Classroom dan kelompok yang dikenai model pembelajaran langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped classroom lebih efektif jika dibandingkan dengan model pembelajaran langsung ditinjau dari disposisi matematisnya. Hal tersebut diperkuat dengan hasil analisis data secara statistik yang menunjukkan perbedaan yang signifikan. Sehingga model pembelajaran ini dapat dijadikan alteratif dalam pembeajaran di kelas.

References

Adhitya, E.N., A. Prabowo, R Arifudin. 2015. “Studi Komparasi Model Pembelajaran Tradisional Flipped dengan Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalahâ€. Jurnal Pendidikan Matematika. Semarang: FMIPA Universitas Negeri Semarang.

Choridah, Dedeh Tresnawati. 2013. “Peran Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif serta Disposisi Matematis Siswa SMAâ€. Jurnal Pendidikan. Jawa Barat: SMA Negeri 2 Cimahi.

Idrus, M. 2012. “Mutu Pendidikan dan Pemerataan Pendidikan di Daerahâ€. PSIKOPEDAGOGIA Jurnal Bimbingan dan Konseling, 1(2).

Lestari, Anita Dwi dan Istiqomah. 2018. “Upaya Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Matematika dengan Model Pembelajaran Flipped Classroom di Kelas XII SMKN 1 Gedangsariâ€. Union: Jurnal Pendidikan Matematika. FKIP: Universitas Sarjanawiyata Taman Siswa.

NCTM. 2003. Standards for Secondary Mathematics Teacher. United States of America: The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.

Obliger, D. G., & Obliger, J. L. 2005. Is IT Age or IT: First Steps Toward Understanding the Net Generation dalam Educating the Net Generation, diedit oleh Obliger, D. G., & Obliger, J. L., Wasington, DC: Educause, pp. 2.1-2.20, tersedia di: http://net.educause.edu/ir/library/pdf/pub7101.pdf, (diakses 6 Desember 2019).

Pemerintah Indonesia. 2013. Undang-Undang Nomor 67 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah. Lembaran RI Tahun 2013 No. 67. Jakarta : Sekretariat Negara.

Steele, K. M. 2013. The Flipped Classroom: CuttingEdge, Practical stategies to Successfully "Flip" Your Classroom. Online. Tersedia di http://www.kevinmsteele.com/ the_flipped_classroom_-_ice.pdf (diakses 26 November 2019).

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryana, S. 2017. “Permasalahan Mutu Pendidikan dalam Persfektif Pembanguan Pendidikanâ€. Jurnal Edukasi. UPI: Bandung.

Wahid, F. 2005. Pran Teknologi Informasi dalam Modernisasi Pendidikan Bangsa. Media Informatika, 3(1).

Warsita, Bambang. 2008. Teknologi Pembelajaran: Landasan & Aplikasinya. Jakarta: Rineka.

Widyasari, Nurbaiti, dkk. 2016. “Meningkatkan Kemampuan Disposisi Matematis Siswa SMP Melalui Pendekatan Metaphorical Thinkingâ€. Jurnal pendidikan Matematika. Jakarta: Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Wijayanto, Zainnur. 2015. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (Tps) Dengan Pendekatan Open-Ended Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri Di Kabupaten Purworejoâ€. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. FKIP: Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa.

Published

2020-03-20

Issue

Section

Artikel