Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Menggunakan Chamilo pada Pembelajaran Segitiga dan Segiempat

Authors

  • Eka Febryana UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, Indonesia
  • Heni Pujiastuti UNIVERSITAS SULTAN AGENG TIRTAYASA, Indonesia http://orcid.org/0000-0002-2968-4990

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i2.7734

Keywords:

media, e-learning, Chamilo

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan tujuan mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis e-learning dengan menggunakan Chamilo pada materi segitiga dan segiempat Sekolah Menengah Pertama (SMP) kelas VII. Prosedur penelitian yang digunakan dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan ADDIE. Hasil validasi media pembelajaran oleh ahli materi memperoleh nilai rata-rata 4,44 dan termasuk ke dalam kategori sangat valid, sedangkan hasil validasi oleh ahli media memperoleh nilai rata-rata 4,35 dan termasuk kedalam kategori sangat valid. Hasil penilaian respon siswa terhadap media pembelajaran yang dikembangkan mendapat nilai rata-rata 4,13 dan termasuk kedalam kategori baik. Berdasarkan hasil penelitian, maka media pembelajaran yang dikembangkan ini baik untuk digunakan untuk membantu proses pembelajaran matematika dengan materi segitiga dan segiempat.

References

Aditya, P. T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis Web Pada Materi Lingkaran Bagi Siswa Kelas Viii. Jurnal Matematika Statistika Dan Komputasi, 15(1), 64. https://doi.org/10.20956/jmsk.v15i1.4425

Aini, A. N., Anggoro, B. S., & Putra, F. G. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Pada Materi Transportasi Berbantuan Sparkol. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 287–296.

Aminoto, T. (2014). Penerapan Media E-Learning Berbasis Schoology untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Materi Usaha dan Energi di Kelas XI SMA N 10 Kota Jambi. Sainmatika: Jurnal Sains Dan Matematika Universitas Jambi, 8(1), 221167.

Bakri, F., & Muliyati, D. (2017). Pengembangan Perangkat E-Learning Untuk Matakuliah Fisika Dasar Ii Menggunakan Lms Chamilo. WaPFi (Wahana Pendidikan Fisika), 2(1). https://doi.org/10.17509/wapfi.v2i1.4868

Budi, M. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Matematika. Jurusan Pendidikan Matematika FKIP, 1–19.

Falahudin, I. (2014). Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4), 104–117.

Indiarti, S., & Arcana, I. N. (2019). Pengembangan Youtube Pembelajaran Kedudukan Garis Terhadap Lingkaran di SMA Menggunakan Videoscribe. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 125–134. https://doi.org/10.30738/union.v7i1.4053

Listiawan, T. (2016). Pengembangan Learning Management System (Lms) Di Program Studi Pendidikan Matematika Stkip Pgri Tulungagung. JIPI (Jurnal Ilmiah Penelitian Dan Pembelajaran Informatika), 1(01), 14–22. https://doi.org/10.29100/jipi.v1i01.13

Muhson, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8(2). https://doi.org/10.21831/jpai.v8i2.949

Patmi, S, R. A., & Sina, I. (2019). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Menggunakan Model Problem Based Learning. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(4), 337–346. https://doi.org/10.24036/jptk.v2i1.4623

Pertiwi, F. T., & Sumbawati, M. S. (2019). Pengaruh Penggunaan Learning Management System Berbasis Chamilo dan Motivasi Terhadap Hasil Belajar Siswa SMK Kelas X Pada Mata Pelajaran Sistem Komputer. It-Edu, 3(02), 88–97.

Utami, N. T., & Arcana, I. N. (2019). Pengembangan Youtube Pembelajaran Persamaan Lingkaran di SMA Menggunakan Videoscribe. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), 155–165.

Widiantoro, B., & Rakhmawati, L. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Schoology Pada Kompetensi Dasar Di SMKN 1 Jetis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 04(2), 501–506.

Yazdi, M. (2012). E-Learning Sebagai Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal Ilmiah Foristek, 2(1), 143–152.

Yusuf, N., & Arcana, I. N. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Mandiri Berbasis Smartphone Pada Materi Kubus Tingkat MTs. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 6(2), 223–230. https://doi.org/10.30738/.v6i2.2161

Published

2020-07-01

How to Cite

Febryana, E., & Pujiastuti, H. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis E-Learning Menggunakan Chamilo pada Pembelajaran Segitiga dan Segiempat. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 265–276. https://doi.org/10.30738/union.v8i2.7734

Issue

Section

Artikel

Citation Check