Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Program Linear Berdasarkan Prosedur Polya

Ratu Syifa Fauziyah, Heni Pujiastuti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persentase dari masing-masing jenis kesalahan siswa dan kesalahan yang paling sering dilakukan siswa dari soal cerita materi Program Linear berdasarkan prosedur Polya. Metode yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan pada penelitian ini yaitu tes tertulis berupa soal cerita Program Linear. Subjek pada penelitian ini yaitu siswa kelas XI IPS 1 SMA Negeri 5 Kota Serang tahun ajaran 2019/2020. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kesalahan siswa kelas XI IPS SMA Negeri 5 Kota Serang dalam menyelesaikan soal cerita Program Linear berdasarkan prosedur Polya yaitu Kesalahan memahami masalah soal cerita Program Linear sebesar 11,35% dengan kategori sangat rendah; Kesalahan membuat perencanaan sebesar 21,28% dengan kategori rendah; Kesalahan melaksanakan perencanaan sebesar 29,79% dengan kategori rendah; Kesalahan mengecek kembali sebesar 37,59% dengan kategori rendah; Kesalahan paling banyak dilakukan siswa terletak pada kesalahan mengecek kembali sebesar 37,59%.


Keywords


Analisis kesalahan; Prosedur Polya ; Program Linear

References


Amir, M. F. (2015). Proses Berpiki Kritis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara Volume, 01(02), 159–170.

Arigiyati, T. A., & Istiqomah. (2016). Perbedaan Kemampuan Pemecahan Masalah Dengan Pembelajaran Learning Cycle dan Konvensional pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika FKIP UST. UNION, 4(1), 133–142.

Arikunto, S. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Das, R., & Chandra, D. G. (2013). Math Anxiety : The Poor Problem Solving Factor in. International Journal of Scientific and Research Publications, 3(4), 1–5.

Doren, A. P. ., Sumaji, & Farida, N. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Tahapan Penyelesaian Polya. Seminar Nasional FST. Universitas Kanjuruhan Malang, 670–677.

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa Smp Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Aksioma. Univ. Muhammadiyah Retro, 4(2), 42–52.

Fathonah, N., Juwita, R., & Jana, P. (2018). Analisis Kesalahan Mahasiswa dalam Menyelesikan Soal Program Linear dengan Menerapkan Teori Polya Ditinjau dari Perbedaan Gender. Jurnal Mercumatika, 2(117), 1–15.

Handayani, K. Z. (2017). (Mari wes) Analisis Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kemampuan Pemecahan Masalah Soal Cerita Matematika. Semnastika Unimed.

Hartini. (2008). Analisis Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita pada Kompetensi Dasar Menemukan Sifat dan Menghitung Besaran-Besaran Segi Empat Siswa Kelas VII Semester II SMP IT Nur Hidayah Surakarta Tahun Pelajaran 2006 / 2007. Universitas Sebelas Maret.

Hidayah, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika Berdasarkan Langkah Penyelesaian Polya. Seminar Nasional Pendidikan Matematika. Universitas Kanjuruhan Malang., 1, 182–190.

Johar, R. (2012). Domain Soal PISA untuk Literasi Matematika. Jurnal Peluang, 1(1), 30.

Karlimah. (2010). Pengembangan Kemampuan Komunikasi dan Pemecahan Masalah serta Disposisi Matematis Mahasiswa PGSD melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Seminar Nasional FMIPA-UT.

Kristofora, M., & Sujadi, A. A. (2017). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Masalah Matematika dengan Menggunakan Langkah Polya Siswa Kelas VII SMP. PRISMA, 6(1), 9–16.

Kuncoro, K. S., Junaedi, I., & Dwijanto, D. (2018). Analysis of problem solving on project based learning with resource based learning approach computer-aided program. Journal of Physics: Conference Series, 983(1), 12150. https://doi.org/10.1088/1742-6596/983/1/012150

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematic. Virginia: NCTM.

Polya, G. (2004). How To Solve It (A new aspect of Mathematical Method). New York: Princetone University Press.

Rahayu, T. D. (2013). Analisis Kesalahan Siswa Kelas XI TKJ SMK Kuncup Samigaluh dalam Menyelesaikan Soal Uraian pada Materi Limit dan Turunan. UNION, 1(1), 41–52.

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120–129. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Sudijono, A. (2012). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukayasa. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Fase-Fase Polya untuk Meningkatkan Kompetensi Penalaran Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika. Aksioma, 1(1), 47–56.

Sulistyowati, A., & Sujadi, A. A. (2015). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Sudut, Luas, dan Keliling Segitiga Siswa Kelas VII Smp Negeri 2 Mlati, Sleman. UNION, 3(3), 265–274.

Tumardi. (2011). Pembelajaran Soal Cerita pada Mata Pelajaran Matematika dengan Strategi Scaffolding di Kelas III SDN Sutojayan Kecamatan Pakisaji. (1), 4.

Tyas, D. K. F. N. (2018). Profil Pemecahan Masalah Matematika Mahasiswa Menggunakan Langkah Polya Berdasarkan Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent. 6(1), 1–9.

Yuliani. (2016). Analisis Kesalahan Mengerjakan Soal Sisi Tegak Limas Segiempat Siswa Kelas IX MTs NU Salam Tahun Pelajaran 2013/2014. UNION, 3(3), 311–322.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v8i2.7747

Article Metrics

Abstract view : 232 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 187 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats