Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar

Authors

  • Moh. Syukron Maftuh Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i2.7895

Keywords:

gaya belajar, komunikasi matematis, matematika, pemecahan masalah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kemampuan komunikasi matematis siswa SMA dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya belajar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Melalui puposive sampling terpilih 3 siswa kelas XI MA Tarbiyatus Shibyan Sidorejo Panceng Gresik yang masing-masing mewakili setiap gaya belajar Visual, Auditorial, dan Kinestetik. Metode pengumpulan data menggunakan Tes Kemampuan Komunikasi Matematis Tulis (TKKMT) dan wawancara. Tahapan penelitian yang digunakan terdiri dari tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, penyajian data, dan selanjutnya tahap penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) siswa dengan gaya belajar Visual  memenuhi aspek komunikasi tertulis yaitu kurang akurat, kurang lengkap, dan lancar. Kurang akuratnya terletak pada tahap membuat rencana dan kurang lengkapnya terletak pada tahap memahami masalah, membuat rencana, dan menyelesaikan masalah, (2) siswa dengan gaya belajar Auditorial memenuhi aspek komunikasi tertulis yaitu akurat, lengkap, dan lancar pada setiap tahap pemecahan masalah, dan (3) Siswa dengan gaya belajar Kinestetik memenuhi aspek komunikasi tertulis yaitu kurang akurat, lengkap, dan lancar,Kurang akuratnya terletak pada tahap membuat rencana.

References

Ardani, A., & Purwaningsih, D. (2019). Analisis Pengaruh Gaya Belajar Mata Kuliah Aritmatika (Jarimatika Dan Sempoa) terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 490–497.

Baker, R. (2017). Problem-solving. In Agile UX Storytelling (pp. 107–116). Springer.

Danaryanti, A., & Noviani, H. (2015). Pengaruh Gaya Belajar Matematika Siswa Kelas VII terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis di SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2).

DePorter, B., & Hernacki, M. (2000). Quantum learning. PT Mizan Publika.

Evans, C. W., Leija, A. J., & Falkner, T. R. (2001). Math links: Teaching the NCTM 2000 standards through children’s literature. Libraries Unlimited.

Frei, R. W. (2019). Diffuse Reflectance Spectroscopy Environmental Problem Solving. CRC press.

Gallagher, A. M., De Lisi, R., Holst, P. C., McGillicuddy-De Lisi, A. V, Morely, M., & Cahalan, C. (2000). Gender differences in advanced mathematical problem solving. Journal of Experimental Child Psychology, 75(3), 165–190.

Hairunnisah, H., Suyitno, H., & Hidayah, I. (2019). Students Mathematical Literacy ability Judging from the Adversity Quotient and Gender in Problem Based Learning Assisted Edmodo. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 8(2), 180–187.

Hamidah, I., Aisyah, S., Danuwijaya, A. A., Abdullah, A. G., Yuliani, G., & Munawaroh, H. S. H. (2017). Ideas for 21st Century Education: Proceedings of the Asian Education Symposium (AES 2016), November 22-23, 2016, Bandung, Indonesia. Routledge.

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta. Jakarta: Rajawali Press.

Kaur, B., & Toh, T. L. (2012). Reasoning, Communication and Connections in Mathematics: Yearbook 2012, Association of Mathematics Educators (Vol. 4). World Scientific.

Kaya, D., & Aydın, H. (2016). Elementary mathematics teachers’ perceptions and lived experiences on mathematical communication. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 12(6), 1619–1629.

Kusumah, Y. S., Kustiawati, D., & Herman, T. (2020). The Effect of GeoGebra in Three-Dimensional Geometry Learning on Students’ Mathematical Communication Ability. International Journal of Instruction, 13(2), 895–908.

Lestari, S. D., & Istyanto, S. B. (2020). Pola Komunikasi Guru dan Siswa Berbasis Pendidikan Karakter dengan Penerapan Mutu Bahasa Metode SENTRA (Studi di SDIT Harapan Bunda Purwokerto). JOURNAL OF SCIENTIFIC COMMUNICATION (JSC), 2(1).

Matteson, S. M. (2006). Mathematical Literacy and Standardized Mathematical Assessments. Reading Psychology, 27(2–3), 205–233.

Mulbar, U., Rahman, A., & Ahmar, A. (2017). Analysis of the Ability in Mathematical Problem-Solving Based on SOLO Taxonomy and Cognitive Style. World Transactions on Engineering and Technology Education, 15(1).

Nugroho, A. D., & Hidayati, N. (2019). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis pada Materi Kubus, Balok dan Limas Siswa SMP. Prosiding Sesiomadika, 2(2).

Pertiwi, E. D., Khabibah, S., & Budiarto, M. T. (2020). Komunikasi Matematika dalam Pemecahan Masalah. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 202–211.

Peterson, B. E., Leatham, K. R., Merrill, L. M., Van Zoest, L. R., & Stockero, S. L. (2020). Clarifiable Ambiguity in Classroom Mathematics Discourse. Investigations in Mathematics Learning, 12(1), 28–37.

Pimm, D. (2019). Routledge Revivals: Speaking Mathematically (1987): Communication in Mathematics Clasrooms (Vol. 4). Routledge.

Polya, G. (1973). How Solve It: A new Aspect of Mathematical Method. New Jersey: Princeton University Press.

Raymond, K. M. (2019). First-year secondary mathematics teachers’ metacognitive knowledge of communication activities. Investigations in Mathematics Learning, 11(3), 167–179.

Saragih, S. (2016). The Profile of Communication Mathematics and Students’ Motivation by Joyful Learning-based Learning Context Malay Culture. Journal of Education, Society and Behavioural Science, 1–16.

Setyadi, D., Masi, L., Salim, S., & Kadir, K. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP Ditinjau Dari Perbedaan Gaya Belajar. Jurnal Amal Pendidikan, 1(1), 63–69.

Solso, S., Xu, R., Proudfoot, J., Hagler Jr, D. J., Campbell, K., Venkatraman, V., … Dale, A. (2016). Diffusion tensor imaging provides evidence of possible axonal overconnectivity in frontal lobes in autism spectrum disorder toddlers. Biological Psychiatry, 79(8), 676–684.

Sugiarto, D. R. R., Kartono, K., & Mariani, S. (2020). Treffinger Learning with Collaborative Assessment in Achievement of Creative Thinking Skill and Student Mathematical Disposition. Unnes Journal of Mathematics Education Research, 197–207.

Taqwa, M., & Sutrisno, A. B. (2019). Deskripsi Kemampuan Komunikasi Matematika Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Gender. Jurnal Gantang, 4(2), 169–176.

Yustitia, V. (2015). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah melalui Pengembangan Lembar Kerja Kegiatan Siswa (LKS) dengan Pendekatan Saintifik. Jurnal Wahana, 64(1), 49–58.

Yustitia, V. (2017). Kemampuan Analisis Mahasiswa PGSD Terhadap Tujuan Pembelajaran Dimensi Kognitif Pada Mata Kuliah Perencanaan Pembelajaran SD. Scholaria, 7(1), 83–93.

Published

2020-07-01

How to Cite

Maftuh, M. S. (2020). Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 241–252. https://doi.org/10.30738/union.v8i2.7895

Issue

Section

Artikel

Citation Check