Penerapan Supervisi Klinis guna Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Matematika
DOI:
https://doi.org/10.30738/union.v8i2.7903Keywords:
Supervisi, klinis, PTS, kualitas, mengajarAbstract
References
Amani, L., Dantes, N., & Lasmawan, I. W. (2016). Implementasi supervisi klinis dalam rangka meningkatkan kemampuan guru mengelola proses pembelajaran pada Guru SD se-Gugus VII Kecamatan Sawan. Ganesha University of Education.
Brotosedjati, S. (2012). Pengaruh Supervisi Kunjungan Kelas oleh Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(3), 229–243.
Danim, S. (2011). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.
Faisal, E., Purba, S., & Siagian, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Dasar Mengajar Guru SMK melalui Supervisi Akademik Berbasis Coaching Rekaman Video. Jurnal Pendidikan Dan Kepengawasan, 2(2), 53–64.
Fanov, A. R. (2014). Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Dengan Pendekatan Kolaboratif Di SMA Negeri 1 Sitiotio Kabupaten Samosir. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 6(02), 16–24.
Ghani, A. R. (2014). Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Rajawali Pers.
Idris, J., & Saifullah. (2005). Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Suluh Press.
Jasnita, H. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran melalui supervisi klinis di SD Negeri 29 Ganting. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 10–18.
Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.
Khon, A. M., & Rahmaniah, N. (2018). Analisis Implementasi Supervisi Akademik Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Agama (Studi Kasus di MTsN Kabupaten Brebes dan SMP Al Irsyad Tegal). Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 188–211.
Mulyasa, E. (2017). Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Murniati, A. R. (2008). Manajemen Stratejik: Peran kepala sekolah dalam pemberdayaan. Perdana Publishing.
Seriani, N. I. G. N., Marhaeni, M. A. P. A. A. I. N., & Suarni, M. S. P. N. K. (2014). Implementasi Supervisi Klinis Oleh Pengawas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Tk Berbasis Permendiknas No. 58 Tahun 2009 Pada Gugus III Kecamatan Buleleng. Ganesha University of Education.
Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta.
Suryosubroto, B. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta, 2002. Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. Manajemen Pendidikan.
Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya). Jakarta: Rineka Cipta.
Yusra, W. (2014). Upaya Peningkatan Keterampilan Dasar Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Dengan Pendekatan Kolaboratif. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 6(02), 1–15.