Penerapan Supervisi Klinis guna Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Matematika

Authors

  • Aswin Saputra Universitas Indraprasta PGRI
  • Endaryono Endaryono Universitas Indraprasta PGRI

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i2.7903

Keywords:

Supervisi, klinis, PTS, kualitas, mengajar

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah memperbaiki kualitas mengajar guru melalui supervisi klinis. Supervisi klinis merupakan pembinaan profesional oleh kepala sekolah kepada guru dengan tujuan memperbaiki kemampuan mengajar dengan transparan. Subjek penelitian ini adalah empat orang guru Matematika. Teknik sampling pada penelitian ini yaitu melalui pengamatan, wawancara, dan dokumentasi serta teknik penentuan sampel menggunakan Purposive Sampling. Data yang diperoleh oleh peneliti adalah data primer yang dikumpulkan dan diolah langsung oleh peneliti dari subjek penelitian ini, analisis data yang digunakan yaitu menggunakan statistik deskriptif yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) dilakukan dalam dua siklus, dalam beberapa siklus tersebut menunjukkan peningkatan kemampuan atau kemampuan mengajar Guru Matematika SMK PGRI 5 Jakarta. Hasil penelitian ini terungkap bahwa terjadi peningkatan dari prasiklus 33,29 %, siklus pertama 60,7 %, dan siklus kedua 87,6 %. Artinya terjadi peningkatan kemampuan mengajar guru dari beberapa indikator yang diukur.

References

Amani, L., Dantes, N., & Lasmawan, I. W. (2016). Implementasi supervisi klinis dalam rangka meningkatkan kemampuan guru mengelola proses pembelajaran pada Guru SD se-Gugus VII Kecamatan Sawan. Ganesha University of Education.

Brotosedjati, S. (2012). Pengaruh Supervisi Kunjungan Kelas oleh Kepala Sekolah dan Kompensasi terhadap Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 18(3), 229–243.

Danim, S. (2011). Profesi Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Faisal, E., Purba, S., & Siagian, S. (2015). Peningkatan Keterampilan Dasar Mengajar Guru SMK melalui Supervisi Akademik Berbasis Coaching Rekaman Video. Jurnal Pendidikan Dan Kepengawasan, 2(2), 53–64.

Fanov, A. R. (2014). Meningkatkan Keterampilan Dasar Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Dengan Pendekatan Kolaboratif Di SMA Negeri 1 Sitiotio Kabupaten Samosir. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 6(02), 16–24.

Ghani, A. R. (2014). Metodologi Penelitian Tindakan Sekolah. Jakarta: Rajawali Pers.

Idris, J., & Saifullah. (2005). Analisis Kritis Mutu Pendidikan. Suluh Press.

Jasnita, H. (2019). Upaya meningkatkan kemampuan guru dalam penggunaan metode pembelajaran melalui supervisi klinis di SD Negeri 29 Ganting. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 4(1), 10–18.

Kemmis, S., & McTaggart, R. (1988). The Action Research Planner. Victoria: Deakin University.

Khon, A. M., & Rahmaniah, N. (2018). Analisis Implementasi Supervisi Akademik Sebagai Upaya Peningkatan Profesionalisme Guru Agama (Studi Kasus di MTsN Kabupaten Brebes dan SMP Al Irsyad Tegal). Intiqad: Jurnal Agama Dan Pendidikan Islam, 10(2), 188–211.

Mulyasa, E. (2017). Penelitian Tindakan Sekolah. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Murniati, A. R. (2008). Manajemen Stratejik: Peran kepala sekolah dalam pemberdayaan. Perdana Publishing.

Seriani, N. I. G. N., Marhaeni, M. A. P. A. A. I. N., & Suarni, M. S. P. N. K. (2014). Implementasi Supervisi Klinis Oleh Pengawas Untuk Meningkatkan Kinerja Guru Tk Berbasis Permendiknas No. 58 Tahun 2009 Pada Gugus III Kecamatan Buleleng. Ganesha University of Education.

Sugiyono, P. D. (2015). Metode Penelitian Tindakan Komprehensif. Bandung: Alfabeta.

Suryosubroto, B. (2010). Manajemen Pendidikan di Sekolah, Jakarta, 2002. Tim Dosen Administrasi Pendidikan UPI. Manajemen Pendidikan.

Wahjosumidjo. (2010). Kepemimpinan Kepala Sekolah (Tinjauan Teoritik dan Permasalahannya). Jakarta: Rineka Cipta.

Yusra, W. (2014). Upaya Peningkatan Keterampilan Dasar Mengajar Guru Melalui Supervisi Klinis Dengan Pendekatan Kolaboratif. Jurnal Manajemen Pendidikan Indonesia, 6(02), 1–15.

Published

2020-07-01

How to Cite

Saputra, A., & Endaryono, E. (2020). Penerapan Supervisi Klinis guna Meningkatkan Kemampuan Mengajar Guru Matematika. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 229–240. https://doi.org/10.30738/union.v8i2.7903

Issue

Section

Artikel