Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa SMP

Authors

  • Nila Asrika Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Esti Harini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Denik Agustito Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i2.7958

Keywords:

hasil belajar, keaktifan, think pair share

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika melalui model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Pelaksanaan tindakan meliputi perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Muhammadiyah 8 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan teknik observasi, dokumentasi, angket dan tes. Sebelum digunakan untuk mengambil data dilakukan uji coba instrumen yang meliputi validitas dan reliabilitas. Teknik analisis data keaktifan dengan menghitung jumlah skor keseluruhan sesuai dengan skor yang telah diperoleh pada setiap indikator observasi dan untuk hasil belajar dengan menghitung rata-rata belajar pada setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan ada peningkatan keaktifan belajar dengan rata-rata persentase pada pra siklus 46%, siklus I 61% dan siklus II 79% sedangkan hasil belajar matematika mengalami peningkatan rata-rata pra siklus 57,18, siklus I 66,14 dan pada siklus II menjadi 73,93.

References

Arikunto, S. (2012). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. In Jakarta: Bumi Aksara. Jakarta: Bumi Aksara.

Ayukmartina, F., Sujadi, A. A., & Purnami, A. S. (2013). Upaya Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa Kelas VIID SMP N 1 SRUMBUNG Kabupaten Magelang. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 2(1).

Azizah, D. (2017). Penerapan Pendekatan Struktural Metode Think Pair Share (TPS) Pada Materi Lingkaran Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 188–193.

Dreyøe, J., Larsen, D. M., Hjelmborg, M. D., Michelsen, C., & Misfeldt, M. (2018). Inquiry-based learning in mathematics education: Important themes in the literature. Norma 2017, 329–342. Svensk förening för MatematikDidaktisk Forskning (SMDF).

Fauzia, H. A. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika SD. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(1), 40–47.

Hamzah, A. (2014). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jakarta. Jakarta: Rajawali Press.

Karwati, E., & Priansa, D. J. (2014). Manajemen Kelas (Classroom Management). Bandung: Alfabeta.

Kuncoro, K. S., Suyitno, A., & Sugiharti, E. (2014). Keefektifan Pembelajaran TPS Berbantuan Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 205–211.

Lie, A. (2004). Cooperative Learning, Mempraktekkan di Ruang Kelas. Jakarta: Penerbit PT. Grasindo.

Maarif, S. (2017). Aplikasi Pewarnaan Titik pada Graph dalam Pembuatan Jadwal Pelajaran. Pi: Mathematics Education Journal, 1(1), 22–26.

Ngaeni, E. N., & Saefudin, A. A. (2017). Menciptakan Pembelajaran Matematika yang Efektif Dalam Pemecahan Masalah Matematika Dengan Model pembelajaran Problem Posing. Jurnal Aksioma, 6(2), 264–274.

Nurlu, Ö. (2017). Investigation of teachers’ mathematics teaching self-efficacy. International Electronic Journal of Elementary Education, 8(1), 21–40.

Sardiman, A. M. (2004). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Rajagrafindo persada (rajawali pers).

Suherman, E. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: Jica.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. In Jakarta: Prestasi Pustaka.

Wahyu, M. N., & Sutiarso, S. (2017). Peran Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing Dalam Meningkatkan Kemampuan Berfikir Analitis Siswa SMK. Prosiding Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(1), 95–100.

Published

2020-07-01

How to Cite

Asrika, N., Harini, E., & Agustito, D. (2020). Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika melalui Model Pembelajaran Think Pair Share Siswa SMP. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 185–192. https://doi.org/10.30738/union.v8i2.7958

Issue

Section

Artikel

Citation Check