Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar

Authors

  • Lisa Julianti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Benedictus Kusmanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia
  • Dafid Slamet Setiana Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i2.7959

Keywords:

Motivasi, Prestasi, Matematika, Team Assisted Individualization

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar Siswa Kelas X di SMK Muhammadiyah Pakem. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilakukan minimal 2 dua siklus, dengan teknik pengumpulan data meliputi teknik observasi, angket, dan tes objektif. Hasil penelitian menunjukan bahwa setelah diterapkan model pembelajaran dengan menggunakan tipe TAI (Team Assisted Individualization), motivasi dan prestasi belajar matematika mengalami peningkatan. Hal ini ditunjukan dengan meningkatnya motivasi pada siklus I 69,68% menjadi 74,17% pada siklus II. Adapun rata-rata prestasi belajar matematika siswa dari pra siklus 39,21 meningkat menjadi 59,42 pada siklus I, dan pada siklus II menjadi 69,37. Hal ini berarti bahwa penerapan model pembelajaran tipe TAI (Team Assisted Individualization) dapat meningkatkan motivasi dan prestasi Kelas X di SMK Muhammadiyah Pakem.

References

Al Arifin, A. H. (2012). Implementasi Pendidikan Multikulutral dalam Praksis Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pembangunan Pendidikan: Fondasi Dan Aplikasi, 1(1).

Ali, H., & Rarini, M. (2014). Perencanaan dan Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, Cet. Ke-13.

Bell, E. T. (1951). Mathematics, queen and servant of science.

Broussard, S. C., & Garrison, M. E. B. (2004). The Relationship Between Classroom Motivation and Academic Achievement in Elementaryâ€Schoolâ€Aged Children. Family and Consumer Sciences Research Journal, 33(2), 106–120.

BSNP. (2006). Permendiknas RI No. 22 Tahun 2006 tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. In Republik Indonesia. Jakarta.

Fan, J.-J., & Feng, H. (2012). A Study on Students’ Learning Motivation of EFL in Taiwanese Vocational College. International Journal of Learning and Development, 2(3), 260–269.

Ilmah, M., & Rosyidi, A. H. (2013). Penerepan Pembelajaran Kooperatif Tipe NHT (Numbered Head Together) Dengan Tugas Pengajuan Soal Pada Materi Kesebangunan Dan Kekongruenan Segitiga. Jurnal Mahasiswa Unesa, 3(2).

Purwanto, M. N. (2000). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran.

Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. In Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Supardi, S., & Suharsimi, A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Susanti, V. D. (2013). Efektivitas Model Pembelajaran Group Investigation dan TAI terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar pada Pokok Bahasan Himpunan Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Geger. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 2(1).

Utami, R. (2017). Penerapan Permainan Pasaran dalam Pembelajaran Matematika Materi Pokok Aritmatika Sosial. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 128–135.

Winataputra, U. S., Delfi, R., Pannen, P., & Mustafa, D. (2014). Hakikat Belajar dan Pembelajaran. Hakikat Belajar Dan Pembelajaran, 1–46.

Zaini, R. (2014). Studi Atas Pemikiran BF Skinner Tentang Belajar. TERAMPIL: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 1(1), 118–129.

Published

2020-07-01

How to Cite

Julianti, L., Kusmanto, B., & Setiana, D. S. (2020). Model Pembelajaran TAI (Team Assisted Individualization) untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar. Union : Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 205–214. https://doi.org/10.30738/union.v8i2.7959

Issue

Section

Artikel

Citation Check