Hubungan antara Motivasi Kemandirian Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Matematika dengan Prestasi Belajar Siswa SMK

Authors

  • Ririn Sri Lestari Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Agustina Sri Purnami Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Tri Astuti Arigiyati Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v9i1.7965

Keywords:

motivasi, persepsi matematika, kemandirian, prestasi belajar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara motivasi, kemandirian belajar dan persepsi siswa terhadap matematika dengan prestasi belajar siswa kelas X SMK se-Kecamatan Umbulharjo baik secara bersama-sama maupun mandiri. Penelitian dilaksanakan di SMK Se-Kecamatan Umbulharjo dengan metode ex post facto. Sampel sebesar 122 diambil secara cluster random sampling. Pengumpulan data dengan teknik angket dan teknik tes. Tenik analisis data menggunakan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menujukan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara motivasi, kemandirian belajar dan persepsi siswa terhadap matematika dengan prestasi belajar siswa baik secara mandiri maupun bersama-sama. Hal ini dapat dilihat dari nilai sig masing-masing variabel motivasi sebesar 0,005 < 0,05, kemandirian belajar sebesar 0,000 < 0,05 dan persepsi siswa terhadap matematika sebesar 0,002 < 0,05.

References

Abdurrahman, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. PT Rineka Cipta.

Adicondro, N., & Purnamasari, A. (2011). Efikasi diri, dukungan sosial keluarga dan self regulated learning pada siswa kelas VIII. Humanitas, 8(1), 17–27. https://doi.org/10.26555/humanitas.v8i1.448

Azka, R. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dan Persepsi Siswa terhadap Gaya Mengajar Guru dengan Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika (JPPM), 1(1), 23–31.

Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan antara motivasi belajar dengan minat belajar siswa kelas IV SDN Poris Gaga 05 kota Tangerang. Jurnal Jpsd, 4(1), 47–53.

Hamdu, G., & Agustina, L. (2011). Pengaruh motivasi belajar siswa terhadap prestasi belajar IPA di sekolah dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan, 12(1), 90–96.

Harefa, D., & Telaumbanua, T. (2020). Belajar berpikir dan bertindak secara praktis dalam dunia pendidikan: kajian untuk akademis. Insan Cendekia Mandiri.

Harini, E., Sarjanawiyata, U., & Yogyakarta, T. (2019). PENGARUH MODEL TPS ( THINK PAIR SHARE ) TERHADAP HASIL. April, 1–6.

Kholisyoh, S. A., Kusmanto, B., & Arigiyati, T. A. (2020). Hubungan antara Minat Belajar, Perhatian Orang Tua, dan Persepsi terhadap Matematika dengan Prestasi Belajar. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 155–164.

Kuncoro, K. S., Suyitno, A., & Sugiharti, E. (2014). Keefektifan Pembelajaran TPS Berbantuan Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 205–211. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.4551

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1).

Rahmat, P. S. (2021). Psikologi pendidikan. Bumi Aksara.

Riswandha, S. H., & Sumardi, S. (2020). Komunikasi Matematika, Persepsi Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika, Dan Kemandirian Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 84–93.

Santosa, D. S. S., Sampaleng, D., & Amtiran, A. (2020). Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran. SIKIP: Jurnal Pendidikan Agama Kristen, 1(1), 11–24.

Sugihartono, D. (2013). Psikologi Pendidikan. UNY Press.

Sujadi, A. A., Arigiyati, T. A., Utami, T., & Kusumaningrum, B. (2019). The correlation of motivation, activeness, and learning style with mathematical learning achievement. PROCEEDINGS: THE INTERNATIONAL CONFERENCE ON TECHNOLOGY, EDUCATION, AND SCIENCE, 1(1), 54–58.

Sulistyowati, F., Kuncoro, K. S., Nugraheni, P., Hernowo, H., & Setyawan, F. (2019). The problems of teaching fractional arithmetic operations for disabled student using Realistic Mathematics Education. Journal of Physics: Conference Series, 1188(1), 12030.

Sulistyowati, F., Kuncoro, K. S., Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2019). Solving high order thinking problem with a different way in trigonometry. Journal of Physics: Conference Series, 1315(1), 12001. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1315/1/012001

Published

2021-03-30

Issue

Section

Artikel