Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Pembelajaran Student Team Achievement Divisions

Authors

  • Okta Hidayanti Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Benedictus Kusmanto Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
  • Esti Harini Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v9i1.7966

Keywords:

activeness, learning outcomes, STAD

Abstract

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan proses penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) sebagai upaya untuk meningkatkan keaktifan dan hasil belajar matematika siswa kelas VIII B SMP N 3 Banguntapan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas yang terdiri dari dua siklus, di mana masing-masing terdiri dari 4 tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, dan (4) refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII B SMP N 3 Banguntapan yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik dokumentasi, dan teknik tes. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan pada setiap indikator keaktifan siswa. Pada siklus pertama, nilai persentase keaktifan siswa 57,916% meningkat pada siklus kedua menjadi 79,578%. Sementara rata-rata hasil belajar matematika siswa meningkat dari 44,83 pada pra siklus menjadi 70,6 pada siklus pertama kemudian siklus kedua meningkat menjadi 79,4.

 

ABSTRACT

This study aims to describe the process of applying the Student Team Achievement Divisions (STAD) cooperative learning model as an effort to improve the activeness and learning outcomes of students in class VIII B, SMP N 3 Banguntapan. This type of research is Classroom Action Research which consists of two cycles, each of which consists of 4 stages, namely (1) planning, (2) action, (3) observation, and (4) reflection. The subjects of this study were students of class VIII B, SMP N 3 Banguntapan, with a total of 30 students. Data collection techniques used were observation techniques, documentation techniques, and test techniques. The results showed an increase in each indicator of student activity. In the first cycle, the value of the percentage of student activity 57.916% increased in the second cycle to 79.578%. While the average student mathematics learning outcomes increased from 44.83 in the pre cycle to 70.6 in the first cycle then the second cycle increased to 79.4.

References

Afina, I., & Sujadi, A. A. (2016). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika dengan Student Teams Achievement Division pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 5 Cilacap. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(3), 383–389. https://doi.org/10.30738/.v4i3.430

Aisyah, S. (2016). Perbandingan Keefektifan Penerapan Metode Pemberian Tugas Pengajuan Masalah Setting Kooperatif Tipe STAD dan Setting Kooperatif Tipe NHT dalam Pembelajaran Trigonometri Siswa Kelas X MA DDI Alliritengae Maros. Pascasarjana.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, Cet. Ke-13.

Aryanti, A. A., Mahardika, I. K., & Indrawati, I. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad (Student Teams Achievement Division) Disertai Media Lks Berbasis Multirepresentasi Terhadap Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Di SMA. JURNAL PEMBELAJARAN FISIKA, 5(4), 363–369.

Esminarto, E., Sukowati, S., Suryowati, N., & Anam, K. (2016). Implementasi Model Stad dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siwa. BRILIANT: Jurnal Riset Dan Konseptual, 1(1), 16–23. https://doi.org/10.28926/briliant.v1i1.2

Hudoyo, H. (1990). Strategi Belajar Mengajar. Malang: IKIP Malang.

Irma, A., Herlina, D., & Nelson, Z. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-achievement Divisions (Stad) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Kemampuan Awal Siswa Sekolah Menengah Pertama Tualang. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 54–60. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i2.45

Khasanah, F. (2016). Meningkatkan keaktifan belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Students Teams Achievement Division). Likhitaprajna, 18(2), 48–57.

Kirwanto, K., & Sujadi, A. A. (2016). Upaya Meningkatkan Minat dan Prestasi Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division (STAD) Siswa Kelas VII B MTsN Sidoharjo Kulonprogo. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(3). https://doi.org/10.30738/.v4i3.441

Kuncoro, K. S., Suyitno, A., & Sugiharti, E. (2014). Keefektifan Pembelajaran TPS Berbantuan Mouse Mischief Terhadap Hasil Belajar Siswa. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 5(2), 205–211. https://doi.org/10.15294/kreano.v5i2.4551

Lestari, W., Pratama, L. D., & Jailani, J. (2018). Implementasi Pendekatan Saintifik Setting Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Dan Prestasi Belajar Matematika. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 29–36.

Lubis, A. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Materi Pokok Gerak Lurus di Kelas X SMA Swasta UISU Medan. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(1), 27–32. https://doi.org/10.22611/jpf.v1i1.3378

Narendraini, N. C., & Harini, E. (2018). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Tipe STAD. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Qosasih, A., & Kusmanto, B. (2016). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X 2 Jurusan Administrasi Perkantoran SMK Tamansiswa Banjarnegara Tahun Ajaran 2013/2014 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (STAD). UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(3). https://doi.org/10.30738/.v4i3.449

Rizki, Y. E., Hanurawati, N., & Gunowibowo, P. (2013). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TPS Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Unila, 1(1).

Setiawati, S., & Kusmanto, B. (2018). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP N 4 Wonosari Melalui Student Teams Achievement Divisons. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Slavin, R. E. (2008). Cooperative Learning: Teori, Riset dan Praktik, Terj. Nurulita, Bandung: Nusa Media.

Trianto. (2007). Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. In Jakarta: Prestasi Pustaka.

Zahro, F., Degeng, I. N. S., & Mudiono, A. (2018). Pengaruh model pembelajaran student team achievement devision (STAD) dan mind mapping terhadap hasil belajar siswa kelas IV sekolah dasar. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 8(2), 196–205. https://doi.org/10.25273/pe.v8i2.3021

Published

2021-03-15

Issue

Section

Artikel