Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Problem Solving
DOI:
https://doi.org/10.30738/union.v8i2.7968Keywords:
peningkatan, pemecahan masalah, hasil belajar, problem solvingAbstract
References
Abduloh, U., Karomah, N., & Hidayati, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Soal Literasi Matematika melalui Model Creative Problem Solving Kelas VIII H SMPN 9 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 774–780.
Aini, T. N., & Rejeki, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Problem Solving (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Batik Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019). Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Fathonah, N., Ibnu, S., & Suharti, S. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis pemecahan masalah berbantuan jurnal belajar terhadap kemampuan metakognitif. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).
Fauziah, A. (2010). Peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematik siswa SMP melalui strategi REACT. Forum Kependidikan, 30(1), 1–13.
Hamid, H. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas I MKN A SMK Negeri 3 Palopo. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 103–118.
Iqram, W. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Problem Posing SMP Negeri 2 Baraka, Kabupaten Enrekang. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(1).
Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keyakinan Matematis Siswa. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 155–166.
Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 24–29.
Pendidikan, K. (2016). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Jakarta:[Online]. Tersedia: Https://Www. Kemendikbud. Go. Id. Diakses, 16(2), 18.
Pertomo, R. W., & Kusmanto, B. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Teams Accelerated Instruction Siswa Kelas VIII SMP N 2 Sedayu. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).
Polya, G. (2004). How To Solve It (A new aspect of Mathematical Method). New York: Princetone University Press.
Prasojo, T. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas X IPA 7 Materi Trigonometri SMA Negeri 1 Kudus. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 91–98.
Purwanto, N. (2006). Prinsip-Prinsip danTeknik Evaluasi Pengajaran Bandung: Pt Remaja Rosda Karyaoffset.
Sidi, R. R., & Yunianta, T. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Strategi Joyful Learning. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1).
Silviani, T. R., Jailani, J., Lusyana, E., & Rukmana, A. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Inquiry Based Learning Setting Group Investigation. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 150–161.
Sulistyo, A. N., & Kusmanto, B. (2018). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Two Stay Two Stray. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.
Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.
Supardi, S., & Suharsimi, A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Widodo, S. A. (2015). Efektivitas pembelajaran team accelerated instruction terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VIII SMP kota Jogjakarta. AdMathEdu, 5(2), 57298.