Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Metode Problem Solving

Rose A. I. Pertiwi, Benedictus Kusmanto, Annis Deshinta Ayuningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pembelajaran dengan metode problem solving dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan hasil belajar matematika. Indikator kemampuan pemecahan masalah meliputi memahami, merencanakan, melaksanakan dan melihat kembali.  Jenis penelitian ini Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan melalui dua siklus dan setiap siklus sebanyak 3 pertemuan. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII F SMP Negeri 1 Sewon. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan tes. Pada pra siklus rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematika 47,93% meningkat pada siklus I menjadi sebesar 77,02% dan pada siklus II menjadi 82,98%. Metode problem solving  meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dengan pemberian soal pre-test kontekstual yang dikerjakan secara individu.Sedangkan untuk hasil belajar pada pra siklus rata-rata nilai siswa sebesar 48,38 menjadi 66,34 pada siklus I. Pada siklus II terjadi kenaikan nilai rata-rata siswa  menjadi 72,38. Metode problem solving meningkatkan hasil belajar siswa dengan pemberian LKS yang menarik sehingga siswa lebih aktif.

Keywords


peningkatan; pemecahan masalah; hasil belajar; problem solving

References


Abduloh, U., Karomah, N., & Hidayati, S. (2018). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Soal Literasi Matematika melalui Model Creative Problem Solving Kelas VIII H SMPN 9 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 1, 774–780.

Aini, T. N., & Rejeki, S. (2019). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Problem Solving (PTK Pada Siswa Kelas VII SMP Batik Surakarta Tahun Ajaran 2018/2019). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Fathani, A. H. (2009). Matematika Hakikat dan Logika. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Fathonah, N., Ibnu, S., & Suharti, S. (2016). Pengaruh pembelajaran berbasis pemecahan masalah berbantuan jurnal belajar terhadap kemampuan metakognitif. Jurnal Pijar Mipa, 11(1).

Fauziah, A. (2010). Peningkatan kemampuan pemahaman dan pemecahan masalah matematik siswa SMP melalui strategi REACT. Forum Kependidikan, 30(1), 1–13.

Hamid, H. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pembelajaran Pemecahan Masalah Pada Siswa Kelas I MKN A SMK Negeri 3 Palopo. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 103–118.

Iqram, W. (2014). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Melalui Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Problem Posing SMP Negeri 2 Baraka, Kabupaten Enrekang. Jurnal Nalar Pendidikan, 2(1).

Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keyakinan Matematis Siswa. MaPan: Jurnal Matematika Dan Pembelajaran, 7(1), 155–166.

Mulyasa, E. (2005). Menjadi Guru Profesional Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya, 24–29.

Pendidikan, K. (2016). Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Jakarta:[Online]. Tersedia: Https://Www. Kemendikbud. Go. Id. Diakses, 16(2), 18.

Pertomo, R. W., & Kusmanto, B. (2016). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Matematika dengan Model Teams Accelerated Instruction Siswa Kelas VIII SMP N 2 Sedayu. UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 4(1).

Polya, G. (2004). How To Solve It (A new aspect of Mathematical Method). New York: Princetone University Press.

Prasojo, T. (2016). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Tutor Sebaya Pada Siswa Kelas X IPA 7 Materi Trigonometri SMA Negeri 1 Kudus. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 7(1), 91–98.

Purwanto, N. (2006). Prinsip-Prinsip danTeknik Evaluasi Pengajaran Bandung: Pt Remaja Rosda Karyaoffset.

Sidi, R. R., & Yunianta, T. N. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VII pada Materi Aljabar dengan Menggunakan Strategi Joyful Learning. MAJU: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1).

Silviani, T. R., Jailani, J., Lusyana, E., & Rukmana, A. (2017). Upaya Meningkatkan Minat Belajar Matematika Menggunakan Inquiry Based Learning Setting Group Investigation. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 150–161.

Sulistyo, A. N., & Kusmanto, B. (2018). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Dengan Metode Two Stay Two Stray. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Etnomatnesia.

Sumartini, T. S. (2015). Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158.

Supardi, S., & Suharsimi, A. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Suranto. (2011). Komunikasi Interpersonal. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Widodo, S. A. (2015). Efektivitas pembelajaran team accelerated instruction terhadap kemampuan memecahkan masalah matematika siswa kelas VIII SMP kota Jogjakarta. AdMathEdu, 5(2), 57298.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v8i2.7968

Article Metrics

Abstract view : 318 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats