Efektivitas Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division) terhadap Hasil Belajar Matematika

Siti Hawa, Istiqomah Istiqomah, Dafid Slamet Setiana

Abstract


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievment Division) terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu, dengan populasi seluruh siswa kelas X SMK PIRI 1 Yogyakarta dan sampel penelitian kelas X TSM1 sebanyak 20 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas X TSM2 sebanyak 21 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dengan simple random sampling.Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes. Tes yang dimaksud adalah tes kemampuan awal siswa dan tes hasil belajar matematika siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika menggunakan model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievment Division) lebih efektif diterapkan dalam pembelajaran dibandingkan dengan model pembelajaran langsung terhadap hasil belajar matematika siswa di SMK PIRI 1 Yogyakarta.

 

ABSTRACT

This study aims to find out which is more effective between the STAD (Student Teams Achievement Division) cooperative learning model and the direct learning model on student mathematics learning outcomes of class X in SMK PIRI 1 Yogyakarta. This type of research is quasi-experimental, with a population of all students of class X SMK PIRI 1 Yogyakarta and the sample of class X TSM1 as many as 20 students as an experimental class and class X TSM2 of 21 students as a control class. The sampling technique is simple random sampling. Data collection techniques using test techniques. The test is a student's initial ability test and a student's mathematics learning achievement test. Analysis of the data used in this study is the t test. The results showed that the mathematics learning using the Student Teams Achievement Division (STAD) cooperative learning model is more effectively applied in learning than the direct learning model of student mathematics learning outcomes in SMK PIRI 1 Yogyakarta.


Keywords


Efektifitas; Student Teams Achievement Division; Hasil Belajar

References


Abdul Majid. 2013. Strategi Pembelajaran. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Arikunto, Suhardjono, dan Supardi. 2015. Penelitian Pendidikan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Febriana dan Benedictus Kusmanto. 2017. “Efektivitas Model Pembelajaran STAD (Student Teams Achievement Division ) Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Minat Belajar Siswa Kelas VII SMP PIRI Sleman”, Jurnal Pendidikan Matematik. (Vol. 5 Nomor 3). Hlm. 273-282.

Gagne, N.L. (2009). A conception of the process of teaching. Conception of Teaching, 4, 61-83. Diakses pada tanggal 15 Januari 2019, dari http://ebooks.ohiolink.edu.proxy.lib.ohio-state.edu/.

Isra dan A.A Sujadi. 2016. “Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Student Teams Achievement Division (STAD) Pada Siswa Kelas VII F SMP Negeri 5 Cilacap”, Jurnal Pendidikan Matematik. (Vol. 4 Nomor 3).Hlm. 383-382.

Nasution, S. 1989. Kurikulum dan Pengajaran.Jakarta : Bina Aksara.

Pradana, S dan Istiqomah. 2015. “Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Dengan Student Teams Achievement Division Siswa Kelas VII B SMP Negeri 2 Kokap”, Jurnal Pendidikan Matematik. (Vol. 3 Nomor 3).Hlm.275-280.

Rusman. 2012. Model-Model Pembelajaran : Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Slavin. (2008). Cooperative learning : Theory, research and practice. Bandung: Nusa Media.

Sofan, A. & Iif, K. (2010). Proses pembelajaran kreatif dan inovatif dalam kelas. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.

Sudiasih, N. W., & Dantes, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Media Konkrit terhadap Hasil Belajar Matematika ditinjau dari Disposisi Matematika. PENDASI: Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 2(2), 72-83.

Sutejo. 2009. Cara Mudah Menulis PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Yogyakarta: Pustaka Felicha.

Widodo, S. A., Pangesti, A. D., Istiqomah, I., Kuncoro, K. S., & Arigiyati, T. A. (2020). Thinking Process of Concrete Student in Solving Two-Dimensional Problems. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 117-128.




DOI: http://dx.doi.org/10.30738/union.v8i3.7969

Article Metrics

Abstract view : 78 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika
Kampus FKIP Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa
Jl. Batikan UH III/1043, Umbulharjo, Yogyakarta - 55167, Indonesia
Email: union@ustjoga.ac.id


p-ISSN: 2339-224X | e-ISSN: 2579-3209


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View UNION's Stats