Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dengan Model Pembelajaran Matematika Bahasa Inggris (Mating) di Sekolah Dasar

Authors

  • Puji Rahmawati STKIP Melawi
  • Lilian Slow STKIP Melawi

DOI:

https://doi.org/10.30738/union.v8i3.7976

Keywords:

Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika, Matematika-Bahasa Inggris, Sekolah Dasar, Perbatasan Entikong (Indonesia-Malaysia).

Abstract

ABSTRAK

Model pembelajaran “Mating†adalah model pembelajaran Matematika-Bahasa Inggris yang menggunakan sintaks model pembelajaran RME. Pembelajaran ini dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dan Bahasa Inggris siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan (R&D) model Borg and Gall. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematika siswa di Sekolah Dasar perbatasan Entikong (Indonesia-Malaysia) setelah menerapkan model pembelajaran “Matingâ€. Adapun hasil uji coba kemampuan pemecahan masalah matematika dan kemampuan Bahasa Inggris siswa setelah proses pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran “Mating†pada kelompok kecil mengalami peningkatan sebesar 30%, sedangkan pada uji coba kelompok besar tersebut meningkat sebesar 51,785%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemecahan masalah Matematika dan Bahasa Inggris siswa kelas III SDN No.12 Entikong dapat ditingkatkan dengan penerapan model pembelajaran “Matingâ€.

 

ABSTRACT

Mating learning model is a learning model of Mathematic and English used RME learning model syntax. This learning can increase the ability of Mathematic problem solving and English. The research used a research and development method (R&D) by Borg and Gall method. The result of this research shows that there is an increase of the problem solving and Mathematic-English ability of elementary student in border area-Entikong (Indonesia-Malaysia) after applying this “Mating†method. While, trial test result of Mathematic problem solving and English in a small group after applying this method increases to 30%, whereas, the trial test result in a big group increases to 51,785%. So that, it concludes that the ability of Mathematic problem solving and English in the third grade student of public elementary school number 12 Entikong can be developed by learning model “Matingâ€.

References

Fatimah, F. 2012. Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Pemecahan Masalah Melalui Problem Based-Learning. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 16(1), 249-259.

Hadi, Sutarto. 2016. Edisi Revisi: Pendidikan Matematika Realistik Teori, Pengembangan, dan Implementasinya. Depok: PT Rajagrafindo Persada.

Hauvel-Panhuizen, Marja.V.D., dan Drijvers, Paul. 2007. Realistic Mathematics Education 1 Freudenthal Institute for Science and Mathematics Education Utrecht University. New York, London: Spinger.

Hendriana, Heris., dan Soemarmo, Utari. (2014). Penilaian Pembelajaran Matematika. Bandung: PT Refika Aditama.

Rahmawati, Puji. 2016. Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Realistict Matematics Education (RME) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa di SD. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.4(2): 139-154.

Rahmawati, Puji. 2018. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Aritmatika Sosial pada Siswa SDN No.05 Suruh Tembawang (Perbatasan Indonesia-Malaysia). Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains. Vol.7(1): 209-218.

Rahmawati, Puji. 2018. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Sekolah Dasar Daerah Perbatasan Entikong (Indonesia-Malaysia). UNION: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika. Vol.7(1): 49-56.

Rahmawati, Puji. 2019. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Perbatasan Entikong (Indonesia-Malaysia). Jurnal Pendidikan Dasar. Vol.7(1): 1-14.

Roebyanto, G., dan Harmini, S. 2017. Pemecahan Masalah Matematika untuk PGSD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sofnidar., Sabil, Husni., dan Winarni, Sri., 2013. Penerapan Pendekatan PMRI untuk Meningkatkan Kemampuan Konsep Geometri Mahasiswa PGSD Universitas Jambi. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung: 489-504.

Tandililing, Edi. 2010. Implementasi Realistic Mathematics Education (RME) di Sekolah. Jurmal Guru Membangun. Vol.25(3): 19-27.

Wena, M. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer Suatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta: Bumi Aksara.

Published

2020-11-30

Issue

Section

Artikel